Thursday, 21 November 2013

Sate Jamur Tiram ala Amal's Kitchen


Rasa sate jamur tiram menurut saya sangat khas, teksturnya kenyal, rasanya sama lezatnya seperti sate ayam. Tapi pastinya sate jamur tiram jauh lebih rendah kalorinya bila dibandingkan dengan sate ayam :) Cocok sebagai alternatif untuk yang sedang berdiet menghindari makan-makanan berlemak ^_^



Beberapa hari yang lalu mas sayur membawa jamur tiram bagus-bagus sekali, besar, putih bersih, dan terlihat masih segar. Saya langsung punya bayangan untuk bikin sate jamur, mumpung di kulkas masih ada sambal kacang yang saya buat beberapa waktu yang lalu untuk pelengkap cilok :)

Jamur tiram sebelumnya saya kukus dulu selama 1-2 menit, setelah itu baru saya bumbui. Cara ini efektif menghilangkan bau khas jamur yang menurut saya agak wangu, dan menghasilkan sate jamur tiram yang lezat.




Berikut resep sate jamur tiram ala saya ^_^

SATE JAMUR TIRAM
Resep hasil modofikasi sendiri

Bahan:
- 250 gram jamur tiram segar

Bumbu halus
- 4 siung bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 1 sdt ketumbar, sangrai.
- 2 sdm gula jawa, sisir.
- 1-2 sdm kecap ikan

Bahan olesan
- 2 sdm sambal kacang
- 1 sdm kecap manis
- 5 sdm air matang




Sambal kacang
- 250 gram kacang tanah, sangrai/goreng
- 5 siung bawang putih, kupas, goreng
- 5 cabai rawit (bisa ditambah/dikurangi sesuai selera), goreng
- 5 mata asam jawa
- 5 sdm gula jawa
- 1/2 sdt terasi, goreng
- 1/2 sdt garam
Cara membuat sambal kacang : Haluskan bawang putih, cabai, asam jawa, gula jawa, terasi dengan menggunakan cobek, sisihkan. Haluskan kacang tanah goreng dengan food processor atau blender, bisa juga dengan menggunakan cobek (saya pakai food processor). Campurkan kacang tanah yang sudah halus dengan bumbu halus, aduk rata. Masukkan ke dalam plastik/wadah kedap udara, tutup rapat. Simpan di dalam kulkas, bisa bertahan 2-3 bulan. Larutkan dengan air bila akan digunakan.

Cara Membuat Sate Jamur Tiram
- Cuci bersih jamur tiram yang akan digunakan, kukus selama 1 - 2 menit. Keluarkan dari kukusan. Tiriskan. Bila sudah dingin, peras airnya dengan cara menekan jamur diantara kedua telapak tangan. Lakukan dengan hati-hati agar jamur tidak rusak.

- Suwir-suwir jamur (jangan terlalu kecil agar mudah ditusuk dengan tusukan sate). Campur jamur dengan bumbu halus, diamkan 15-30 menit. Tusuk dengan menggunakan tusukan sate.

- Panggang dengan menggunakan wajan anti lengket atau bakar langsung di atas api dengan menggunakan penjepit kawat yang biasanya digunakan untuk membakar sate (saya lebih sering menggunakan cara kedua). Bakar sampe jamur terlihat mengering dan warnanya berubah kecoklatan.

- Oles dengan bahan pengoles. Bakar lagi hingga bahan pengoles meresap. Angkat. Sajikan dengan sambal kacang serta lalapan sesuai selera.

Selamat mencoba ^_^

4 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...