Tuesday, 5 November 2013

Bakpao Coklat Mocha (Chocolate Mocha Steamed Buns)



Setelah kemarin berhasil membuat bakpao ubi ungu (resepnya bisa klik disini), kali ini saya mencoba membuat bakpao dengan rasa lain, coklat mocha. Bakpao dibuat tanpa menggunakan campuran umbi-umbian, teksturnya tetap lembut. Namun bila dibandingkan dengan bakpao ubi ungu yang sudah pernah saya buat sebelumnya, dari sisi tektur dan kelembutannya, bakpao ubi ungu tetap yang juara ^_^


Kuncinya dalam membuat bakpao coklat mocha ini adalah uleni adonan hingga benar-benar kalis dan elastis. Bila pada saat menguleni kurang elastis maka serat-serat yang dihasilkan bakpao tidak akan terlalu banyak, dengan kata lain bakpao nya bantet dan terasa keras bila digigit. Selain itu, pastikan jumlah airnya tepat, jika kurang air adonan susah diuleni dan hasil bakpaonya menjadi keras.

Bila bakpo ubi ungu yang pernah saya buat sebelumnya tetap lembut disimpan di suhu ruang hingga keesokan harinya, bakpao coklat mocha ini terasa agak keras keesokan paginya. Cara mudah membuatnya lembut kembali adalah dengan memasukkan bakpao ke dalam plastik, lalu masukkan ke dalam magic com selama 15-20 menit. Dengan begitu bakpao akan menjadi lembut kembali seperti setelah keluar dari kukusan.

Isian bakpao coklat
Isiannya bisa dibuat bervariasi sesuai selera masing-masing. Bisa dengan coklat, meises, kismis, selai berbagai rasa, kacang hijau, dan lain-lain. Kali ini saya menggunakan isian coklat masak yang sebelumnya dicincang kecil-kecil. Sajikan hangat-hangat dengan lelehan coklat dari dalamnya ^_^

Resepnya saya ambil dari blog-nya Mbak Citra, dengan sedikit modifikasi. Terimakasih ya Mbak resepnya ^_^

BAKPAO COKLAT
Diadaptasi dari ummufatima-mysimplykitchen

Bahan
- 150 gr tepung terigu protein tinggi
- 100 gr tepung terigu protein sedang
- 2 sdm coklat bubuk
- 1 sdt kopi bubuk instan
- !/2 sdt essens mocha
- 1 butir telur
- 50 gr margarin
- 70 gr gula pasir (bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera)
- 70-90 mlsusu cair/air
- 1 sdm dry yeast (ragi instan/fermipan)
- 1/4 sdt bakers bonus A (opsional, bisa dihilangkan)

Isian
Coklat masak, potong kecil-kecil.

Cara
  1. Dalam mangkok/baskom besar, masukkan ragi instan, bakers bonus, dan gula. Tuangkan air ke dalam baskom. Aduk hingga ragi dan gula pasir larut dengan sendok atau whisk.
  2. Masukkan telur, coklat bubuk, kopi, dan essens mocha. Aduk rata.
  3. Campur tepung terigu dengan garam. Masukkan ke dalam adonan cair sedikit demi sedikit sambil diaduk. 
  4. Masukkan margarin. Uleni hingga kalis dan elastis (bila ditarik adonan bisa tipis dan transparan), kurang lebih membutuhkan waktu 10-15 menit.
  5. Olesi diniding dan dasar baskom dengan minyak sayur agar saat mengembang adonan tidak lengket. Diamkan adonan 1 - 1,5 jam hingga mengembang minimal dua kali lipat (proofing 1). Waktu proofing tergantu suhu ruang masing-masing ya. Kalo saya biasanya baskom berisi adonan saya masukkan ke dalam panci besar yang diisi dengan air hangat, lalu di tutup. Dengan cara ini, waktu proofing 1 biasanya membutuhkan 40 menit saja.
  6. Kempeskan adonan. Bagi adonan, besarnya sesuai dengan selera masing-masing, saya biasanya bagi antara 30-40 gr untuk masing-masing bakpao. Isi dengan bahan isian. Bulatkan. Alasi dengan kertas roti atau daun pisang.Diamkan 20-30 menit (proofing 2).
  7. Panaskan dandang dengan api sedang hingga air mendidih. Kecilkan api, masukkan bakpao, alasi tutup dandang dengan serbet yang mampu menyerap air. Tutup dandang. Kukus selama 8-10 menit. Jangan terlalu lama mengukus bakpao karena bakpao nanti akan keripus/kempes. Angkat. Sajikan hangat.
Adonan selama proofing 2

Bakpao coklat mocha & bakpao ubi ungu

Selamat mencoba ^_^

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...