Friday, 15 November 2013

Homemade Burger Buns & Fried Tofu Patty (Burger Tahu)


Roti burger (burger buns) yang empuk, lembut, dan gurih dengan isian nugget tahu (fried tofu patty) yang crispy di luar lembut di dalam, dipadukan dengan aneka sayuran dan saus tomat serta mayonaise. 1 kata : SEMPURNA ^_^


Burger ini saya buat beberapa waktu yang lalu atas permintaan Mas Pacar yang belakangan kangen dibuatkan sandwich ala kadarnya yang dulu sering sekali saya buatkan sebagai bekal saat kami akan pergi piknik. Ya ya ya, dulu jaman SMA sampai awal-awal kuliah kami sering sekali pergi piknik, hampir tiap minggu. Padahal obyek yang kami datangi itu-itu saja, daerah pegunungan di Selo, Air terjun Grojogan Sewu di daerah Tawangmangu, Pemandian Cokro, Umbul Pengging, Sungsang, Parang Ijo, Sarangan, Waduk Cengklik, Waduk Keduk Ombo, dan lain-lain (ternyata kalau ditulis banyak juga ya ^_^). Obyek-obyek wisata yang tadi saya sebutkan sering sekali kami kunjungi karena jaraknya yang tidak terlalu jauh, paling jauh sekitar 2 jam perjalanan dengan sepeda motor kecepatan di bawah 80km/jam :)

Burger Buns

Meskipun Mas Pacar kangennya sama sandwich bikinan saya dulu, saya ngotot bikin burger. Kenapa? Karena saya masih punya beberapa burger bun di freezer yang saya buat beberapa minggu yang lalu. Dulu waktu saya bikin burger bun, niatnya mau bikin patty-nya juga, tapi mendadak jadi kurang mood karena kecapekan, jadi rotinya saya masukkan ke dalam kantong plastik, ikat rapat, dan masukkan ke freezer. Cara seperti ini dapat membuat roti bertahan sekitar 3-4 bulan tanpa kehilangan kelembutannya. Kali ini roti yang keluar dari freezer langsung saya masukkan ke dalam magic com beserta plastik pembungkusnya, hasilnya roti tetap lembuuuuut sekali, karena seperti biasa saya selalu pakai water roux method setiap kali bikin roti. Susah pindah ke lain hati ^_^

fried tofu patty

Untuk isiannya saya memilih nugget tahu, atau bahasa kerennya fried tofu patty karena kebetulan dirumah ada stock tahu banyak sekali, dan saya sedang malas ke pasar membeli ayam atau udang. Jadi seperti yang sudah-sudah, manfaatkan apapun yang ada di dapur ^_^ . Nugget tahu yang saya buat kali ini saya beri tambahan sedikit pala, seperti kalau saya bikin nugget ayam. Rasanya? Mas Pacar sukses menghabiskan 2 burger yang saya bikin tanpa tahu kalau isiannya nugget tahu ^_^. Sejujurnya, saya lebih suka nugget tahu daripada nugget ayam, disamping lebih ekonomis, rasa nugget tahu menurut saya lebih tasty, dan jauh lebih sehat pastinya ^_^.



HOMEMADE BURGER BUNS & FRIED TOFU PATTY (BURGER TAHU)

BURGER BUNS
Bahan:
- 250 gram tepung terigu protein tinggi
- 50 gram tepung terigu protein sedang
- 100 gram water roux (dari 100ml air + 20 gr tepung terigu protein tinggi)
- 90 ml air
- 26 ml minyak
- 30 gram gula pasir
-1/2 sdt garam
- 1 sdt ragi instan

Cara Membuat
- Water Roux/ Tangzhong Starter : Masukkan tepung terigu ke dalam air, aduk dengan hand whisk hingga tidak bergerindil. Panaskan diatas api kecil sambil terus diaduk-aduk hingga adonan mengental dan transparan. Jangan sampai adonan berubah warna menjadi keabuan. Bila sudah muncul letupan pertama, angkat panci dan aduk cepat dengan hand whisk. Biarkan dingin.

- Dalam baskom besar, masukkan gula pasir, ragi instan, dan air, aduk rata sampai gula larut. Masukkan adonan tangzhong starter. Aduk rata. Masukkan garam, aduk rata.

- Masukkan tepung terigu ke dalam baskom sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan sendok kayu. Uleni sampai adonan tercampur. Masukkan margarin, uleni hingga smooth, kalis elastis, kira-kira 10 - 15 menit. Olesi baskom dengan minyak. Tempatkan adonan tadi didalamnya, diamkan 1,5 hingga 2 jam atau sampai mengembang minimal 2 kali lipat.

- Kepeskan adonan, bentuk adonan bulat-bulat, tata di atas loyang. Diamkan lagi hingga mengembang 2 kali lipat. Oles permukaan roti dengan putih telur, beri taburan sesuai selera atau tanpa taburan. Kali ini saya pakai wijen sebagai taburan. Panggang dengan oven menggunakan api sedang selama 10-15 menit.


FRIED TOFU PATTY (NUGGET TAHU)
Bahan:
- 250 gram tahu (saya pakai tahu kotak biasa yang banyak dijual di pasar, rebus dengan air garam sebentar saja agar tidak asam, haluskan)
- 1 buah wortel ukuran besar, serut dengan parutan keju
- 100 gram kentang rebus, serut dengan parutan keju (bisa diganti dengan singkong rebus, talas rebus atau tidak pakai juga tidak apa-apa)
- 2 butir telur
- 3-4 sdm tepung terigu
- 2 sdm tepung roti / panir
- 1/2 sdt bubuk kaldu instan
- 1/2 sdt merica
- 1 sdt garam
- 1 sdt gula pasir

Bumbu Halus:
- 2 siung bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 1/4 bagian buah pala atau 1/4 sdt pala bubuk

Bahan Pelapis:
- 2 butir telur, kocok lepas. Atau untuk lebih ekonomisnya bisa menggunakan tepung terigu yang ditambah dengan garam, merica, dan air.
- tepung panir secukupnya

Cara Membuat:
- Campurkan semua bahan dan bumbu halus dalam baskom besar, aduk hingga tercampur rata. Tambahkan terigu bila adonan masih terlalu cair.
- Siapkan loyang, alasi dengan plastik yang tebal dan foodgrade (bisa juga dialasi dengan daun pisang). Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan. Kukus dengan api sedang selama 20-30 menit.
- Keluarkan dari loyang, dinginkan. Potong-potong atau bentuk sesuai selera. Celupkan ke dalam kocokan telur, gulingkan di atas tepung panir. Diamkan nugget minimal 10 menit di kulkas sebelum digoreng agar bahan pelapis menempel sempurna.


Penyelesaian:
Belah roti menjadi 2 bagian, tata isian sesuai selera, sajikan.

Resepnya terlihat cukup panjang, namun sebenarnya cara membuatnya sangat mudah. Nugget bisa dibuat beberapa hari sebelumnya, taruh dalam wadah kedap udara, masukkan ke dalam freezer, bisa bertahan maksimal 4 bulan. Selamat mencoba yaaa ^_^


3 komentar:

  1. Blm pernah bikin burger buns dr scratch, kliatannya asih mbak...
    effort nguleninnya worthed klo hasilnya secantik punya mbak!
    nugger tahunya kedengerannya sehat, klo aku biasanya dispray pake EVOO trus dioven bentar sampe luarnya garing....
    btw, salam kenal mbak...

    ReplyDelete
  2. Iya nih mas, favorit saya malah bagian nguleni-nya, bisa sambil banting-banting ngulangin stress, LoL :D
    Oiya ya mas, kemaren nggak kepikiran buat ngoven patty-nya. Makasih ya idenya.
    Salam kenal juga mas, makasih udah mampir :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...