Friday, 1 November 2013

Nasi Goreng Spesial ala Amal's Kitchen :)



Nasi goreng adalah salah satu menu favorit saya dari kecil, sampai-sampai dulu waktu masih SMP saya menulis cerita pendek berjudul Nasi Goreng dan dimuat di salah satu majalah anak-anak terkemuka saat itu ^^ narsis :). Saya suka sekali menu ini karena simpel, praktis, cepat, dan bahan-bahannya bisa dimodifikasi sesuai dengan apa aja yang ada di dapur, dan rasanya enak pastinya :)

Nasi goreng yang saya buat kali ini semua bumbunya digoreng terlebih dahulu sebelum dihaluskan. Kenapa? Karena jujur, saya kurang menyukai pekerjaan uleg-menguleg khususnya menghaluskan bumbu yang ada cabenya ^^ jadi untuk mempermudah proses mnghaluskannya, saya menggoreng semua bumbu terlebih dahulu sebentar saja, uleg kasar, dan bumbu nasi goreng yang lezat sudah siap :)

Namun disamping menggoreng semua bumbunya terlebih dahulu, cara lain bagi yang tidak terlalu suka menguleg bisa dengan mengiris tipis semua bumbu terlebih dahulu. Kedua cara tersebut masing-masing menghasilkan cita rasa yang berbeda namun tetap enak dengan catatan pas takaran gula dan garamnya ya. Kalau garamnya kebanyakan rasanya tetap saja keasinan ^^ hehehe..

'Aksesoris' yang digunakan untuk nasi goreng ini bisa memakai apa saja yang ada di kulkas. Karena di kulkas saya cuma ada telur dan ati-ampela goreng, jadi saya pake keduanya :). Anda bisa menggunakan telur orak-arik, suwiran ayam, babat, ikan, teri, jagung manis, kacang polong, atau apa saja sesuai selera.

Berikut ini resep praktis nasi goreng ala Amal's Kitchen :)



Nasi Goreng Spesial ala Amal's Kitchen :)
Bahan
1 porsi nasi putih (kalau bisa jangan pakai nasi yang lembek ya..)
1 butir telur ayam, goreng orak-arik, sisihkan.
1 pasang hati-ampela ayam goreng, iris kecil-kecil (udah mateng dan berbumbu ya ini..)
daun kol dan tomat secukupnya untuk lalapan

Bumbu
2 cabai merah besar
1cabai rawit (bila suka pedas bisa ditambahi lagi sesuai selera)
2 siung bawang merah
1 siung bawang putih
1/4 buah tomat (opsional, bisa dihilangkan)
1/2 sdt terasi
1/4 sdt merica bubuk
1 sdm kecap manis
gula dan garam secukupnya (seimbangkan rasanya, sedikit dulu, bila kurang bisa ditambahkan lagi)
minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:
1. Goreng cabai merah, cabai rawit, tomat, bawang merah, dan bawang putih dengan sedikit minyak (kira-kira 1 sdm). Kira-kira 1-2 menit hingga warna bawang merah terlihat agak transparan. Angkat, tiriskan.

2. Uleg kasar bumbu yang sudah digoreng tadi.

3. Masukkan lagi ke dalam wajan yang tadi dipakai untuk menggoreng bumbu, goreng hingga harum. Masukkan nasi. Masukkan kecap manis, gula dan garam. Koreksi rasanya. Masukkan telur dan hati-ampela. Aduk rata. Siap disajikan :)

Happy cooking ^_^

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...