Sunday 24 November 2013

Mie Ayam Instan : Membuat Mie Ayam Sendiri Semudah Membuat Mie Instan


Membuat mie ayam sendiri semudah membuat mie instan? Sekarang bukan hal yang mustahil :) Sebelumnya membuat mie ayam sendiri dengan resep ini, saya berpikir membuat mie ayam itu ribet, lama, dan merepotkan. Tapi ternyata setelah dipraktekkan, sama sekali tidak ribet lho. Praktis, cepat, dan mudah. Rasanya pun sangat lezat, bahkan menurut saya lebih enak dari mie ayam langganan saya. Tapi yang pasti mie ayam yang dibuat sendiri lebih terjamin kebersihannya, lebih sehat, dan lebih puas, trust me ^_^



Resep dari mie ayam instan ini saya dapatkan dari just just try and taste-nya mba endang (Lagi dan lagi. Makasih mba :). Sebelumnya sudah sejak lama resep ini saya bookmark, tapi baru beberapa waktu yang lalu saya praktekkan karena kebetulan saya sedang pengin sekali makan mie ayam, sedangkan di luar hujan deras sekali. Perut yang lapar memaksa saya menyeret kaki ke dapur dan melihat isi kulkas. Kebetulan di freezer saya masih punya banyak sekali daging ayam sisa membuat sop ayam kemarin. Mari membuat mie ayam sendiri ^_^

Saya membuat mie ayam untuk 2 porsi karena kebetulan cuma saya dan si mamih yang sedang ada dirumah. Si mamih sampai tidak percaya lho saya bikin mie ayam ini sendiri, dikiranya beli di luar, enak sekali katanya :)


Untuk lebih praktisnya, anda bisa memasak ayamnya agak banyak sekalian. Sisa ayam dan kaldu yang sudah dimasak bisa dimasukkan ke plastik tiap porsi, lalu masukkan ke freezer. Kapanpun anda ingin menyantap mie ayam, tinggal merebus mie instan dan menghangatkan ayam dan kaldu dari freezer. Mudah kan??


Jadi bila kebetulan anda sedang punya stock ayam di freezer, kenapa tidak mencoba membuat mie ayam sendiri untuk keluarga di weekend yang cerah ini? Dijamin tidak ribet dan rasanya dijamin enak :)

MIE AYAM INSTAN ALA JUST TRY AND TASTE
Sumber : just try and taste

Bahan- bahan:
- 2 bungkus mie instan atau 1/2 bungkus mie telor, rebus hingga matang, tiriskan. Beri 1/2 sendok makan minyak zaitun, aduk rata supaya mie tidak lengket.
- Dada ayam tanpa tulang 1 potong. Anda bisa menggunakan bagian ayam yang lain: kulit, ceker, kepala atau sayap untuk menambah cita rasa ayam di kuah kaldu.
- Sawi 4 tangkai rebus sebentar, tiriskan (saya skip karena tidak ada, saya ganti dengan daun bawang yang dipotong agak besar)

Bumbu dihaluskan:
- 3 siung bawang putih
- 5 siuang bawang merah
- 1/2 sdt merica
- 1 sdt ketumbar
- 1 ruas jari jahe
- 1/2 ruas jari lengkuas

Bumbu lainnya:
- 3 lembar daun salam
- 2 sdm kecap manis
- 1 sdm minyak sayur untuk menumis
- 2 tangkai daun bawang 2 tangkai iris melintang 1 cm
- Garam & gula secukupnya.

Cara Membuat:
- Rebus ayam dengan air sebanyak 3 gelas belimbing hingga empuk. Tiriskan dan potong dadu, sisihkan. Air kaldu bekas merebus ayam akan kita gunakan untuk membumbui ayam dan kuah mie.

- Tumisan ayam: Panaskan 1 sendok makan minyak di wajan, tumis bumbu halus dan daun salam hingga harum. Matikan api. Bagi bumbu menjadi dua bagian. Sisihkan 1/2 bagian bumbu ke dalam mangkuk kecil biarkan 1/2 bagian bumbu lainnya tetap di dalam wajan.

- Masukkan potongan ayam ke dalam tumisan bumbu di wajan, tambahkan kecap manis, daun bawang dan 1/2 kaldu ayam serta garam dan gula secukupnya. Masak hingga bumbu meresap di ayam dan air kaldu agak berkurang. Cicipi rasanya, jika telah pas, matikan api.

- Sekarang kita siapkan kuahnya. Masukkan setengah tumisan bumbu yang tadi kita sisihkan ke dalam panci berisi sisa kaldu ayam. Tambahkan garam, cicipi rasanya. Biarkan mendidih dan angkat.

- Cara penyajian: Tata mie diatas mangkuk, tambahkan 3 sendok makan tumisan ayam diatasnya. Kuah ayam bisa langsung disiramkan diatasnya atau kita pisahkan di mangkuk kecil. Lengkapi dengan irisan daun bawang, saus tomat atau saus cabai. 

Mudah kan? Selamat mencoba ^_^


10 komentar:

  1. heummm enakkkkkk.......
    salam kenal mbk^^

    ReplyDelete
  2. Salam kenal juga mba hanna, makasih udah mampir. Ayo mbak dicobain mie ayam-nya ^_^

    ReplyDelete
  3. kayaknya enak bgt mbak dan buatnya praktis, thanks share resepnya ya mbak

    ReplyDelete
  4. Sama-sama mba ^_^ iya mba ini praktis tapi yummy sekali hehehe

    ReplyDelete
  5. Waaahhh sedaapppppp..
    Kebetulan saya juga tinggal disolo mba.
    Smoga kapan2 kita bisa masak bareng yah..
    Hehehe

    ReplyDelete
  6. Hallo Mba, wah berarti kita tetanggaan Mba. Saya sekarang tinggal di daerah UMS Mba :)

    ReplyDelete
  7. Kayakx ribet mbak. Mie rebus + ayam kn dah jadi mie ayam. Simple

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...