Saturday, 9 November 2013

Red Velvet Cake



Red velvet cake ini lembut, moist, wangi perpaduan cokelat dan kopi, dengan tampilan yang cantik dan menggoda selera. Frosting buttercream yang dipakai ikut menyempurnakan kelezatan red velvet cake ini dengan rasa manis dan wangi vanilla yang super yummy ^_^.


 

Red velvet cake ini sebenarnya saya buat sudah agak lama. Fotonya baru saya temukan dalam tumpukan file di laptop, itu pun tidak lengkap dengan penampakan keseluruhan dari cake ini karena dulu saya cuma asal memotret, belum punya niat untuk memuatnya di blog. Namun karena resep yang saya praktekkan ini bisa dibilang berhasil, dan lolos uji coba para tester (krucil-krucil dan si Mas) ^_^, tidak ada salahnya saya simpan di blog, agar lain kali jika ingin membuatnya lagi saya tinggal mencarinya di blog saya, tanpa takut kehilangan kertas catatan atau hilangnya file karena handphone yang sering eror (pengalaman) ^_^.

Resepnya saya ambil dari smitten kitchen. Resep dari smitten kitchen memang sudah terjamin kelezatannya, saya sudah coba beberapa resep dari smitten kitchen dan menurut saya hasilnya tidak mengecewakan. Resep asli dari smitten kitchen menggunakan frosting cream cheese. Sedangkan frosting yang saya gunakan kali ini adalah frosting buttercream dari joyofbaking yang sudah sering saya pakai.

Tertarik mencobanya? Berikut resep dari smitten kitchen yang sudah saya konversikan takarannya ke dalam gram disertai sedikit modifikasi sesuai isi dapur saya ^_^



RED VELVET CAKE
Sumber : “The Confetti Cakes Cookbook” by Elisa Strauss via the New York Times 2/14/07 via smitten kitchen

Untuk 3 layer cake (loyang bulat diameter 20 - 22 cm)

Bahan
- 1/2 sdm butter (bisa diganti dengan margarin) - dipakai untuk mengoles loyang.
- 220 gram tepung terigu protein rendah (bisa diganti dengan terigu protein sedang)
- 30 gram cokelat bubuk (pastikan kualitasnya baik)
- 3/4 sdt garam halus
- 225 ml minyak sayur
- 225 gula pasir
- 2 butir telur ukuran sedang
- 1 sdm pewarna makanan warna merah tua (bila tidak ingin warna merahnya terlalu menyala, gunakan 1/2 sdm saja)
- 3/4 sdt essens vanilla
- 150 ml buttermilk (Saya menggunakan buttermilk yang saya buat sendiri dari 1,5 sdm susu bubuk yang dilarutkan ke dalam 150 ml air hangat. Kemudian masukkan 1/2 sdt cuka makan ke dalamnya, aduk. Diamkan minimal 10 menit. Hasil akhirnya susu akan membentuk gumpalan dan kentak seperti yogurt)
- 1 sdt baking soda / soda kue
- 1 1/4 sdt cuka makan

Cara membuat

  1. Panaskan oven 180'C (atau sesuai oven masing-masing. Karena saya pakai oven tangkring, saya set di api sedang). Siapkan sebuah loyang bulat diameter 20 - 22 cm, olesi bagian dasar dan dindingnya dengan mentega. Tempatkan kertas roti di dasar loyang, oles lagi dengan mentega.
  2. Campur dan ayak terigu, coklat bubuk, garam dan baking powder. Sisihkan.
  3. Kocok minyak sayur dan gula pasir dengan mixer sampai rata. Masukkan telur dalam sekali tahapan, sambil dikocok rata. Masukkan vanilla, kocok rata. Matikan mixer. Masukkan pewarna makanan warna merah tua ke dalam adonan. Kocok lagi sampai rata.
  4. Dengan mixer kecepatan rendah, masukkan campuran terigu bergantian dengan ampuran buttermilk sambil dikocok rata. Matikan mixer.
  5. Campurkan soda kue dan cuka makan (akan berdesis dan berbusa), aduk 3 detik. Segera masukkan campuran ini ke dalam adonan. Aduk rata dengan spatula. Tuang ke dalam loyang. Segera masukkan ke dalam oven.
  6. Panggang sampai matang sekitar 30 menit, atau hingga matang dan permukaannya membal bila disentuh (springy to the touch). Dinginkan.
Note:
- Jangan takut memasukkan cuka ke dalam adonan karena asam dalam cuka akan bereaksi dengan soda kue sehingga cake yang dihasilkan tidak akan terasa asam dan tidak tercium bau cuka sama sekali.
- Pastikan cake sudah benar-benar dingin ketika dibelah. Bila masih panas sudah dibelah, maka hasilnya tidak akan rapi.
- Hilangkan uap dari cake (bila masih ada) sampai benar-benar hilang sebelum mengoles frosting agas frosting tidak meleleh.



FROSTING BUTTERCREAM
Bahan
- 230 gram gula halus (bisa juga pakai gula donat), ayak.
- 110 gram butter/margarine/mentega putih (suhu ruang)
- 1/2 sdt essens vanilla
- 2 sdm susu kental manis putih

Cara membuat:
  1. Dengan menggunakan mixer, kocok mentega/margarine hingga lembut. Masukkan essens vanilla, kocok rata.
  2. Masukkan gula halus, kocok dengan mixer kecepatan rendah hingga warnanya memucat.
  3. Masukkan susu kental manis sedikit demi sedikit hingga mencapai kekentalan yang diinginkan (bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera).
  4. Kocok dengan mixer kecepatan tinggi hingga mengembang (sekitar 4-5 menit). Frosting siap digunakan.
Note: Bila buttercream tidak segera digunakan, masukkan dalam wadah kedap udara. Simpan di chiller (10 hari) atau freezer (2-3bulan). Saat akan digunakan, keluarkan buttercream dari kulkas, diamkan hingga mencapai suhu ruang, kocok lagi dengan mixer sampai mengembang.

Penyelesaian:
1. Belah cake menjadi 3 bagian sama besar, usahakan belah serapi mungkin dengan pisau yang panjang dan tajam.
2. Ambil selembar cake, olesi dengan frosting, tumpuk dengan selembar cake, oles lagi bagian atasnya, kemudian tutup dengan lembar cake terakhir. Olesi bagian atas dan samping cake dengan frosting, hias sesuai selera.

Selamat mencoba ^_^

4 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...