Tuesday, 24 December 2013

Lele Bakar


 Gurih dan lembutnya ikan lele dipadukan dengan rasa manis khas menu ikan bakar beserta bumbu-bumbu lainnya yang makin memperkaya cita rasa lele bakar ini. Yummy ^_^

Bikin menu ikan bakar yang super lezat namun simpel? Ga pake ribet? Ga pake lama? Bukan mustahil lho ^_^. Dulunya saya juga mikir masak menu ikan bakar pasti prosesnya bakal panjang dan melelahkan, banyak yang harus disiapkan, lama, dst dst. Tapi setelah beberapa kali nyoba pake resep ini, alhamdulillah dengan total waktu sekitar setengah jam saja kita bisa menghadirkan menu spesial ikan bakar ala resto, tapi yang pasti ini lebih spesial karena bikinan sendiri, bikinnya pake cinta ^_^.

Ikan yang dipakai untuk resep ini bisa apa saja. Selain lele, teman-teman juga bisa menggunakan ikan mas, nila, kakap, gabus, kembung, bawal, tuna, tongkol, dll. Saya pilih pakai lele karena ikan lele gampang dicari dan pasti dibawa sama mas sayur yang tiap pagi lewat depan rumah.

Resepnya saya ambil dari blog-nya Mba Diahdidi, tapi saya modifikasi sedikit pada cara memasaknya. Resep aslinya lele langsung dibakar setelah direndam dalam campuran bumbu. Tapi karena saya khawatir kalo langsung dibakar lelenya belum mateng atau masih basah, jadi saya goreng dulu sebentar. Jangan lama-lama ya, kalau perlu setengah matang saja, karena kalau lelenya terlalu renyah, bumbu bakarnya akan susah meresap dan nanti setelah matang justru teksturnya akan alot. Tips lainnya adalah gunakan lele ukuran sedang/besar. Jangan gunakan lele yang terlalu kecil, pengalaman saya yang dulu-dulu kalau pakai lele yang kecil nanti jadinya terlalu rapuh dan 'ambrol' waktu dibakar.

 

Dengan cara yang simpel dan waktu memasak yang terbilang cepat menurut saya, menu ini bisa menghasilkan rasa yang benar-benar spesial dan laziz lho. Adek saya aja habis nyicip bilang gini, "Mba, bikin warung serba bakar aja yuk? Ini lebih enak dari *nyebut rumah makanan langganan*!"

Jadi, tunggu apa lagi, bikin lele bakar yuk, dijamin super gampang dan super laziz ^_^

LELE BAKAR
Diadaptasi dengan modifikasi dari : diahdidi - lele bakar

Bahan:
- 5 ekor lele ukuran sedang (kemarin saya beli isi 6, berat total 1/2 kg)
- 1/2 sdt bumbu ikan goreng instan
- 1 sdt garam

Bumbu halus:
- 5 siung bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 1 sdt ketumbar
- 1 ruas kunyit
- 3 butir kemiri
- 1/4 sdt merica bubuk

Bumbu lainnya:
- Kecap manis sesuai selera
- 2 lbr daun salam
- 2 cm lengkuas, memarkan
- 1 sdt gula merah
- 1 sdt kaldu bubuk
- Garam sesuai selera
- 200 ml air

Cara Membuat:
- Campur lele dengan bumbu ikan instan dan garam, diamkan 5-10 menit. Sambil menunggu, kita bisa siapkan bumbu halusnya.


- Goreng lele dalam minyak yang sudah dipanaskan. Jangan terlalu lama menggoreng dan jangan terlalu kering, kalau bisa setengah matang saja. Saya cuma goreng sekitar 5 menit saja. Angkat, tiriskan.


- Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan air. Masukkan semua bumbu lainnya, aduk rata.
- Masukkan lele ke dalam wajan berisi bumbu, pastikan semua bagian lele terendam bumbu. Masak dengan api kecil hingga air menyusut dan bumbu meresap. Cicipi rasanya, koreksi dengan menambahkan gula/garam. Angkat.
- Panggang lele di atas teflon yang sudah dioles sedikit minyak atau dengan menggunakan jepitan besi khusus untuk membakar. Saya pakai caraa kedua. Bakar di atas api sambil dibolak-balik agar tidak gosong dan matangnya merata.


Selamat mencoba ^_^

2 komentar:

  1. Wah...mantap Mba Amal..lele bakarnya..looks yummy...Iya..ide bagus tuch...di goreng bentar dulu..jadi lebih cepat ya mbakarnya..:)

    ReplyDelete
  2. waaah seneng deh blognya 'didolani' sama mba diah :) makasih ya mba diah resepnya, langung jadi favorit lho dirumah sejak pertama dimasak ^^
    Iya mba mbakarnya lebih cepet lebih meresap juga karena udah diungkep ^^

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...