Friday, 29 November 2013

Pasta Kacang Hijau Rasa Cokelat


Manis, nutty, lembut, lumer di mulut. Cocok untuk isian aneka roti, bakpao, bakpia, donat, dorayaki, martabak manis, sebagai selai untuk roti tawar, atau disantap begitu saja dengan kucuran santan dan es batu, sedap ^_^

 Beberapa waktu yang lalu saya membeli sebungkus kacang hijau di mas sayur yang lewat. Mas sayur ini jarang sekali bawa kacang hijau. Waktu saya tanya jawabnya, "Nggih mba, mumpung nembe liburan, lare-lare ting nggriyo, ajeng kulo masakne bubur kacang ijo. Kulo nggih namung mbeto kalih mba, mbok menawi sing setunggal enten sing kerso," (Iya mba, mumpung lagi liburan, anak-anak dirumah, mau saya masakin bubur kacang ijo. Saya jg cuma bawa dua mba, siapa tau 1 nya ada yang mau beli). Oke, sebungkus kacang hijau dengan berat kira-kira 500 gram langsung masuk ke kantong belanjaan saya ^_^


Dari awal niat saya beli kacang hijau memang bukan untuk dibikin bubur. Saya pengen bikin pasta kacang hijau untuk isian roti manis. Isian roti manis yang paling sering saya pakai biasanya cokelat masak yang dicincang. Isian ini saya pilih karena paling praktis. Kalau bosan dengan isian manis, biasanya saya bikin isian asin seperti ayam, sayur, dll. Mumpung sekarang punya kacang hijau, 500 gram saya olah sekaligus menjadi pasta, buat stock ^_^. Karena bikinnya agak lama, jadi saya putuskan langsung masak semuanya sekaligus, masukkan jke wadah kedap udara, lalu saya masukkan ke freezer untuk pemakaian dalam jangka waktu yang lama. Karena kalau bikinnya sedikit-sedikit nanti sisanya malah kelupaan terus jadi apek :( *pengalaman.


Untuk 500 gram kacang hijau, saya pakai 250 gram gula pasir. Bagi yang suka manis, bisa ditambahkan sesuai selera. Takaran ini sudah cukup manis menurut saya. Selain itu saya juga tambahkan 2 sendok makan cokelat bubuk dan setengah sendok teh pasta black forest agar rasa coklatnya lebih 'nendang'. Penggunaan cokelat bubuk dan pasta black forest ini bisa di skip bila ingin pasta kacang hijau rasa original. Saya pribadi lebih suka yang versi cokelat :)

kacang hijau setelah direndam semalaman
 Kacang hijau sebelum diolah sebaiknya direndam dulu dalam air bersih semalaman agar gampang menjadi empuk ketika dimasak. Kacang hijau yang sudah direndam semalaman akan mengembang 2 kali lipat, kalau kata orang boyolali 'medhok' ^_^. Dengan cara ini, dalam waktu kurang dari 30 menit proses memasak kacang hijau yang pertama sudah selesai. Tinggal diblender, lalu dimasak lagi sebentar hingga agak kering. Hati-hati dalam memasak kacang hijau yang kedua, karena kacang akan mudah sekali gosong. Jangan masukkan gula dan cokelat saat kacang belum kering benar. Karena kacang hijau yang sudah dicampur dengan gula akan mudah sekali gosong dan berkerak di bagian dasar panci. Selebihnya, tidak ada yang sulit dalam proses pembuatan pasta kacang hijau ini, cuma butuh ketelatenan saja :)

Berikut resepnya...

PASTA KACANG HIJAU RASA COKELAT
Resep hasil modifikasi sendiri

Bahan:
- 500 gram kacang hijau
- 250 - 300 gram gula pasir
- 2 sdm cokelat bubuk
- 1/2 sdt pasta black forest (bisa juga pakai pasta cokelat)
- air secukupnya untuk merebus

Cara Membuat:
- Cuci bersih kacang hijau, buang kotoran yang mengambang di permukaan air. Lakukan berulang kali hingga kacang hijau benar-benar bersih. Tempatkan dalam baskom, rendam dalam air semalaman.


- Paginya, kacang hijau akan mengembang dua kali lipat. Buang airnya. Masukkan ke dalam panci, sebaiknya gunakan panci dengan dasar yang tebal agar kacang hijau tidak mudah gosong. Masukkan air hingga kacang hijau terendam (tidak usah terlalu banyak karena kacang hijau yang sudah direndam semalaman mudah menjadi lunak ketika dimasak). Tutup manci. Masak dengan api kecil hingga air menyusut dan kacang hijau mengelupas (Lihat gambar). Angkat. Angin-anginkan hingga uap panas hilang.

- Haluskan kacang hijau dengan blender atau food processor. Saya pakai food processor. Bila tidak ada keduanya, bisa dihaluskan dengan ditumbuk, atau dengan ditekan-tekan menggunakan punggung sendok sayur. Seberapa tingkat kehalusannya disesuaikan dengan selera masing-masing. Kalau saya pribadi lebih suka pasta kacang hijau yang halus dan lembut. Tapi ada yang suka dengan pasta kacang hijau yang masih bertekstur kasar.

- Tempatkan kembali bubur kacang hijau ke panci sebelumnya. Masak kembali hingga air kering sambil terus diaduk-aduk dengan sendok kayu atau sendok sayur. Bila sudah cukup kering, masukkan gula pasir, cokelat bubuk, dan pasta black forest sekaligus. Masak sebentar, jangan sampai gosong, angkat. Tempatkan dalam baskom yang lebar agar uap panas lebih cepat hilang sambil sesekali di aduk dengan sendok kayu.


- Bila uap panas sudah hilang, tampilannya akan seperti gambar. Masukkan dalam wadah kedap udara, lalu simpan di kulkas (chiller) bila akan dipakai. Untuk pemakaian jangka panjang bisa disimpan di freezer.

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...