Saturday, 18 January 2014

Ketupat Kilat & Kupat Tahu Solo (IDFB #14)


Ini pertama kalinya saya ikut challenge dari IDFB (Indonesian Foodblogger). Bulan Januari 2014 ini, IDFB bekerja sama dengan Pure Green mengadakan chellenge membuat masakan khas indonesia dengan bahan utama beras. Dari awal baca info challenge udah kepikiran pengen bikin ketupat super kilat ini. Tapi masih bingung ketupatnya mau dibikin apa. Seperti yang kita tahu, banyak sekali makanan Indonesia yang disajikan dengan ketupat sebagai bahan utamanya. Akhirnya pilihan saya jatuh pada masakan khas daerah tempat tinggal saya, Solo, yaitu  kupat tahu Solo. Kupat sendiri adalah bahasa Jawa untuk ketupat.


Sebenarnya bukan Solo saja mempunyai makanan khas kupat tahu. Beberapa yang terkenal diantaranya kupat tahu Magelang, kupat tahu Singaparna, kupat tahu Bandung, kupat tahu Tasikmalaya, kupat tahu Garut, dll. Bahan utama dari kesemua kupat tahu yang saya sebutkan di atas sama, yaitu ketupat dan tahu. Perbedaannya hanya terletak pada pelengkap dan bumbu saus/kuahnya. Bila kupat tahu lain biasanya disajikan dengan siraman saus kacang, kupat tahu Solo disajikan dengan kuah berwarna cokelat yang terasa gurih dan manis. Inilah yang membedakan kupat tahu Solo dengan kupat tahu lainnya ^_^.

Baca Selengkapnya ... >>



Ketupat yang saya bikin kali ini bukan ketupat berbalut janur (daun kelapa muda) seperti yang sering kita jumpai. Kali ini saya bikin versi yang kilat dan super praktis dengan dimasak menggunakan rice cooker atau magic com. Bila biasanya kita membutuhkan waktu hingga 4-5 jam untuk memasak ketupat, maka kali ini cukup membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit saja untuk menyiapkan ketupat ini. Cepat kan? Rasanya pun tidak jauh berbeda dengan ketupat biasa, hanya bentuknya saja ya berbeda karena saya cetak dengan menggunakan loyang. Selain loyang bisa juga memakai mangkok, gelas, atau plastik yang agak tebal.

Beras yang saya gunakan kali ini adalah beras pandan wangi Pure Green. Sebelumnya si mamih kalau masak nasi tidak pernah lupa menambahkan satu dua lembar daun pandan agar nasinya wangi meskipun sudah pakai jenis beras pandan wangi. Tapi beras pandan wangi dari Pure Green ini menurut saya berbeda. Dibandingkan dengan biasa, wangi pandannya lebih terasa, warnanya juga putih mulus bersih, dan ketika dimasak aroma semerbak wangi pandan tercium di seluruh penjuru dapur meskipun dimasak tanpa daun pandan. Tekstur nasinya pulen, gurih, dan setelah masak warnanya putih bersih seperti foto yang saya sertakan. Dan pastinya beras pandan wangi Pure Green lebih sehat karena ini beras organik, bebas bahan kimia dan pestisida, jadi lebih sehat dan aman dikonsumsi.


Ketupat yang saya buat ini sebenarnya sudah melalui beberapa kali percobaan untuk takaran air. Mungkin berbeda beras beda juga takaran air yang dibutuhkan ya teman-teman. Misal untuk beras jenis basmati biasanya memerlukan lebih banyak air untuk memasaknya. Kalau takaran yang saya rasa pas (untuk jenis beras yang saya pakai), perbandingan beras dengan airnya 1 : 2. Jangan ragu untuk mencoba ya teman-teman, bila dirasa airnya kurang, bisa ditambahkan lagi sedikit demi sedikit saat sudah matang (naik ke mode warm magic com-nya), lalu ditekan lagi ke mode cook, tunggu beberapa saat hingga naik lagi. Pembuatan ketupat ini diawali dengan mencuci beras dan menambahkan air di panci magic com, lalu masak hingga matang (tombol indikator naik ne mode warm), waktunya yang diperlukan untuk memasak 2 cup (ukuran cup dari magic com) beras kurang lebih 15 menit saja. Setelah matang, buka magic com, aduk nasi sambil sesekali ditekan dengan punggung sendok nasi agar sedikit lumat. Setelah itu, tutup magic com. Tekan ke mode cook, tunggu sampai tombol indikator naik lagi mode warm. Lakukan sekali lagi proses mengaduk nasi dan memasak. Waktu yang dibutuhkan sekitar 15 menit saja untuk mengaduk dan memasak. Jadi totalnya 30 menit saja dihitung dari proses mencuci beras hingga selesai memasak. Setelah nasi matang, panas-panas, tempatkan di loyang yang sudah dialas plastik agar mudah melepaskannya hingga saat disajikan. Selebihnya, tidak ada yang sulit dalam pembuatan ketupat kilat dan kupat tahu Solo ini.

Berikut resep ketupat kilatdan kupat tahu Solo ala saya ya teman-teman...


KETUPAT KILAT & KUPAT TAHU SOLO
By Duryatin Amal

KETUPAT KILAT
Bahan Ketupat Super Praktis:
- 2 cup beras pandan wangi Pure Green
- 4 cup air bersih
- 1/4 sdt garam (opsional)

Cara Membuat:
- Cuci beras, tempatkan di panci magic com. Tambahkan air dan garam. Masak dengan magic com hingga matang (kira-kira 15 menit) hingga indikatornya naik ke mode warm.
- Setelah matang, buka magic com, aduk nasi sambil sesekali ditekan dengan punggung sendok nasi agar sedikit lumat.
-Setelah itu, tutup magic com. Tekan ke mode cook, tunggu sampai tombol indikator naik lagi mode warm. Lakukan sekali lagi proses mengaduk nasi dan memasak. Waktu yang dibutuhkan sekitar 15 menit saja untuk mengaduk dan memasak. Jadi totalnya 30 menit saja dihitunga dari mencuci beras dan memasak.


- Dalam kondisi masih panas, tempatkan nasi di loyang yang sudah dialas plastik agar mudah melepaskannya hingga saat disajikan. Tekan-tekan dengan menggunakan spatula hingga permukaan rata dan nasi memadat.


- Diamkan dengan diangin-anginkan hingga dingin. Sisanya saya masukkan juga ke kantong plastik seperti gambar. Jangan lupa tusuk-tusuk plastiknya dengan tusuk gigi agar uap panas bisa keluar. Potong-potong sesuai selera.



KUPAT TAHU SOLO
By Duryatin Amal

Bahan Kupat Tahu Solo:
- 2 porsi Ketupat, potong-potong
- 50 gr mie telur, rebus, tiriskan
- 4 buah tahu putih, potong kecil, bumbui dengan sedikit garam, goreng hingga matang
- 2 buah bakwan (opsional)
- 50 gr taoge, rebus sebentar, tiriskan
- 50 gr daun kol, iris halus
- 2 sdm kacang tanah, goreng, untuk taburan
- 1 batang sledri, cincang, untuk taburan
- bawang goreng untuk taburan

Bahan Kuah Kupat Tahu Solo:
- 2 siung bawang putih, goreng utuh, haluskan
- 2 cabai rawit (skip/kurangi bila tidak suka pedas)
- 250 ml air
- 2 sdm gula jawa, sisir
- 2 sdm kecap manis
- 1 sdm gula pasir
- 1/4 sdt garam

Cara Membuat:
-  Kuah : Masukkan air, bawang putih yang sudah dihaluskan, dan cabai rawit ke dalam panci. Rebus hingga air mendidih. Masukkan gula jawa, kecap, gula pasir dan garam. Koreksi rasanya dengan menambahkan gula atau garam.
- Penyajian : Tata ketupat, tahu, bakwan, dan mie telur di piring. Tuangkan kuah kupat tahu di atasnya. Tata taoge, daun kol di atasnya. Taburi dengan kacang tanah goreng, daun sledri dan bawang goreng. Sajikan.



Selamat mencoba ^_^

28 komentar:

  1. Boleh di contek nih mba cara buat ketupatnya.... favorit bgt sama kupat tahu klo pas mudik ke kutorarjo wajib nyicipin ini. :)

    ReplyDelete
  2. Sehati ya mba kita berarti, emang ga ngebosenin makan kupat tahu ^^ Silakan dicontek mba, semoga suka ya ^^ Makasih udah mampur mba Isna :)

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum..terima kasih diatas resepnya. In sya Allah bisa dicoba walau sebelum ini agak lama mahu membuatnya.

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum..terima kasih diatas resepnya. In sya Allah bisa dicoba walau sebelum ini agak lama mahu membuatnya.

    ReplyDelete
  5. Waahhh mantap banget ide nyaa.. makasih yah udah ikutann..;) kerenn !

    ReplyDelete
  6. Wa'alaikum salam kak CT Delima, senang sekali dikunjungi kak CT :))
    Silakan dicoba kak, semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete
  7. Sama-sama mba Elsye :)
    Terimakasih sudah mampir :)

    ReplyDelete
  8. Keren banget Mba..selama ini aku pikir kupat itu asli Bandung wkwkwkwkwk terrnyata ada di Solo dll juga yaaaa...

    ReplyDelete
  9. Aku malah baru tau kalau Bandung juga punya Kupat Tahu setelah browsing sana sini Mba Anne. Selama ini taunya yang punya Kupat Tahu khas itu cuma Magelang, Solo, sama Jawa Timur-an yang pakai petis. Ternyata banyak... ^_^ Kekayaan kuliner Indonesia ya Mba, hehehe..

    Terimakasih mba Anne sudah mampir ^^

    ReplyDelete
  10. ohhh akhirnyaa... dapet juga tips buat bikin ketupat yang gampang & praktis. Makasih resepnya... ^_^

    ReplyDelete
  11. Sama-sama mba dyah..
    Selamat mencoba,
    Semoga bermanfaat yaa.. ^_^

    ReplyDelete
  12. Paling suka nih kalo ada ketupat model quicky bgn.....
    thx for sharing mbak!!!

    ReplyDelete
  13. sama-sama Pak Dokter, terimakasih yaa sudah mampir ^_^

    ReplyDelete
  14. terima kasih resep ketupatnya. saya sangat tertolong disini.ampir ga ada keinginan bikin ketupat tapi ingin memperkenalkan makanan indonesia keteman teman jerman saya. dan hasilnya: LECKER und PERFEKT!
    vielen lieben Dank ya mbakkk:)

    salam musim semi dari jerman:)

    ReplyDelete
  15. Waahh senang sekali baca komen dari Mba May, kebayang pasti puas dan bahagian sekali bisa menyajikan makanan yang disukai teman-teman :) Semoga resep lainnya juga bermanfaat ya Mba,

    Salam hangat untuk keluarga dan teman-teman di Jerman :)

    ReplyDelete
  16. kalau pengen bikin lontongx dalam jumlah byk.. carax gimn mbak? apa harus resepx dikalikan sj trus dimasak sekalian.. tinggal dicetak2... keberulan sy dpt giliran arisan mbak... dr pd bikin lontong yg di masak berjam2 bikin gas habis hehe.. thx sebelumnya mbak...

    ReplyDelete
  17. Halo Mba, saya udah cobain nih resepnya mantep banget... Ijin link resepnya ke blog saya ya mba, makasih banyak sebelumnya :)

    ReplyDelete
  18. Makasih bgt infonya,,,
    Sangat bermanfaat,trnya mudah dan cepat ya buat kupatnya,,
    Kalo dipurworejo kupat tahu favorit di samping masjid agung

    ReplyDelete
  19. demen bgt ma kupat tahu Kutoarjo. tp beda dkit. gak ada kacang tp ada kelapa yg diiris tipis2 kecil trus disangrai, buat taburan/campuran kuah kecapnya. wueeenaak... sy skrg lagi sebulan hamil nyidamnya kupat tahu kutoarjo kampungku. tp skrg di magetan jatim. sedih.. ksiah dedekku ni.. sini gak da kupat tahu dah cari muter2 ma suami.

    ReplyDelete
  20. Kupat Tahu Mbak Tatik Asli Magelang dibawah ringin Sambilegi Maguwoharjo. Hanya 7 menit dari Bandara Adisutjipto Jogjakarta.
    Twitter : KupatMbakTatik
    FB : Kupat Tahu Jogja
    IG : kupatmbaktatik
    http://kupatmbaktatik.blogspot.com/

    ReplyDelete
  21. terima kasih resepnya mba...fotonya juga cakep

    ReplyDelete
  22. Terima kasih ulasannya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  23. seger mantap aku suka sekali tahu kupat

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...