Thursday, 28 November 2013

Chicken Teriyaki & Mayonaise Salad



Ini menu andalan saat saya kebetulan sedang buru-buru atau sedang tidak punya ide sama sekali masak apa. Praktis, cepat, gampang, tapi rasanya tetap juara ^_^

Chicken teriyaki ini termasuk salah satu menu favorit Mas Pacar. Kalau ditanya pengen dimasakin apa (pas kebetulan mampir kerumah) dan kebetulan dia sendiri sedang tidak punya ide, pasti jawabnya, "Masakin yang gampang aja cint, ayam teriyaki," (kok dia tau bikin ayam teriyaki gampang? -_- hehehe).


Tiap bikin ayam teriyaki ini saya tidak pernah absen menyiapkan salad pendampingnya juga. Salad favorit kami adalah salad mayonaise yang isinya daun kol dan wortel yang dirajang halus (psssttt, Mas Pacar bisa menghabiskan 2 mangkok salad ukuran sedang sekali makan ^_^). Rasanya sama persis seperti salad-salad di resto jepang. Resepnya saya dapatkan dari dapur manis-nya mbak Rina. Makasih banyak yaa Mba resep saladnya ^_^.


Untuk ayamnya, saya memilih mengungkepnya terlebih dahulu dengan bumbu kuning ala saya (ala saya karena bumbunya asal cemplung saja, tp tetap enak, LOL :). Disamping bertujuan untuk mematangkan ayam terlebih dahulu, cara ini efektif memperkaya rasa ayam karena bumbu ungkepnya meresap sempurna. Sambil menunggu ayam diungkep, saya menyiapkan salad. Salad yang sudah diberi cuka dan gula kemudian saya masukkan ke kulkas karena salad mayonaise menurut saya sangat sedap disajikan dalam kondisi dingin.

Tertarik mencobanya? Saya sarankan untuk mencoba resep ini saat anda sedang terburu-buru dan hanya punya sedikit waktu untuk memasak. Menu spesial ini bisa anda sajikan kurang dari 30 menit ^_^
 


CHICKEN TERIYAKI & MAYONAISE SALAD

CHICKEN TERIYAKI

Bahan:
- 250 gr ayam (bagian apapun bisa)
- 2 lembar daun salam
- 1 cm lengkuas, memarkan
- 1 cm jahe, memarkan
- 1 sdm gula jawa/gula pasir
- 3 mata asam jawa (opsional)
- 1 sdt garam
- 1 sdm kecap manis
- 400 ml air

Bumbu halus
- 2 siung bawang putih
- 1 sdt ketumbar
- 1 ruas kunyit

Saus teriyaki
- 2 siung bawang putih, cincang halus
- 1 ruas jahe, memarkan
- 1/4 bagian bawang bombay
- 50 ml air
- 1 sdm saus teriyaki
- 1 sdm kecap manis
- 2-3 sdm saus pedas (bisa ditambah sesuai selera)
- 1 sdt kecap asin (bisa diganti garam 1/2 sdt)
- 1/2 sdt kecap inggris (opsional)

Cara membuat:
- Ungkep ayam dengan bahan lain dan bumbu halus (masak dengan api kecil hingga air habis).

- Goreng ayam dalam minyak yang sudah dipanaskan sebentar saja, hingga ayam terlihat kecoklatan. Tidak usah terlalu lama karena ayam sudah matang. Angkat, tiriskan.

- Panaskan 1 sdm minyak sayur dalam wajan lain (saya biasa pakai wajan anti lengket). Tumis bawang, jahe, dan bawang bombay hingga harum. Masukkan air. Masukkan sisa bahan saus teriyaki lainnya, aduk rata. Masukkan ayam. Aduk hingga semua bagian ayam terkena saus. Matikan api, sajikan hangat. Beri taburan wijen.

MAYONAISE SALAD
Diadaptasi dari dapur manis
Untuk 2 porsi
Bahan:
- daun kubis (jumlahnya sesuai selera, saya biasa bikin 2 genggam untuk 2 porsi)
- 1 wortel, potong korek api
- 1 sdt cuka masak
- 1 sdm gula pasir
Saus mayonaise (campur jadi 1, aduk):
- 3 sdm mayonaise
- 1 sdm saus tomat
- 1/2 sdm saus pedas

Cara Membuat:
Cuci bersih kubis dan wortel yang sudah dipotong-potong, tiriskan, tempatkan di mangkok besar. Masukkan cuka dan gula pasir. Campur rata sambil diremas-remas. Daun kubis akan sedikit menyusut dari ukuran awal. Tempatkan dalam wadah tertutup, masukkan ke kulkas, hidangkan dingin dengan campuran mayonaise di atasnya.

Gampang kan? Selamat mencobaaa ^_^

3 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...