Monday, 13 January 2014

Es Krim Pisang Sehat : Super Mudah, Tanpa Mixer, Tanpa Susu, Tanpa Krim, Tanpa Telur ^^


Bikin es krim dari satu bahan? Bisa? Beneran bisa? Iya, bisa. Bahannya apa? PISANG! Pisang? Iya, cuma dengan 1 bahan utama, pisang, kita bisa bikin es krim yang lezat, lumer di mulut, dan nilai plus-nya adalah ini es krim sehat. Karena rendah kalori, minus gula, tanpa susu, tanpa krim, dan tanpa bahan pengawet pastinya.

Postingan kali ini saya buka dengan curhat dulu, ga apa-apa ya teman-teman, kalo mau langsung, bisa langsung scroll ke bawah untuk resepnya ^_^. Hari ini saya menghabiskan waktu seharian untuk mengurus persiapan menjelang hari H bersama si mamih dan mas pacar. Senang rasanya satu per satu 'to do list' yang saya buat sudah berisi tanda 'check' :). Tinggal menunggu beberapa pesanan selesai dibuat, semoga hasilnya sesuai harapan, aminnn :). Sementara itu, saya masih harus terus berkejaran dengan waktu untuk menyelesaikan tesis saya. Awalnya saya mematok deadline untuk menyelesaikan kuliah kedua saya ini beberapa bulan sebelum hari H. Tapi apa mau dikata, karena satu dan lain hal akhirnya saya harus berdamai dengan kenyataan bahwa mungkin saya belum bisa make 'slempang biru' (aminn...) lagi sebelum hari H. Saya pun harus legowo, sabar, terus berusaha, dan bekerja keras. Rasanya semangat saya akan bertambah setiap kali membayangkan saya diwisuda lagi, kali ini dengan didampingi kedua orang tua, kakak, adek, plus suami. Iya, suami. Insyaallah... Amiinnnn... :)

Kembali ke resep ya teman-teman ^_^, kali ini saya bikin es krim pisang. Saya bikin dalam rangka memberdayakan pisang ambon yang kebetulan sedang melimpah karena beberapa hari yang lalu papih dinas di Tawangmangu. Kalau habis dari Tawangmangu gini biasanya papih beli pisang ambon agak banyak, selain untuk dibagi-bagikan ke saudara juga buat stock dirumah karena papih pecinta pisang :). Apalagi pisang ambon Tawangmangu ini terkenal lezat, manis sekali, dan keset meskipun sudah matang.



Baca Selengkapnya ... >>

Satu resep es krim bisa dimodifikasi jadi beberapa rasa ya teman-teman, sesuai selera aja. Kemarin saya bikin 4 rasa, coklat, mocca, cocopandan, dan nangka. Kalau mau original juga bisa, cukup pisang aja, tanpa bahan tambahan apapun. Tips-nya adalah gunakan pisang yang benar-benar sudah matang, tapi belum benyek/becek. Pastikan rasanya sudah benar-benar manis. Soalnya kadang ada ya pisang yang manis tapi masih ada rasa 'sepet'nya, rasa sepet ini menurut saya cukup mengganggu kalo dibikin es krim. Selain pisang ambon, bisa juga pake pisang mas, sunpride, pisang presto, atau bisa juga pake pisang gabus. Syaratnya, harus matang dan manis :)

Rasa es krim ini 90%-nya dipengaruhi oleh rasa asli pisang yang kita pakai sendiri. Selebihnya, kalau mau dibikin rasa lain, bisa diberi tambahan seperti cokelat bubuk, susu coklat, essens aneka buah-buahan, sirup, susu aneka rasa, dst. Sesuai kreativitas dan selera kita masing-masing ya teman-teman ^_^. Untuk rasa cokelat, kemarin saya tambahkan pisang yang sudah dihaluskan dengan 2 sendok makan cokelat bubuk, untuk mengimbanginya biar ga pahit, saya tambahkan 2 sdm madu. Plus estra chocochips biar cokelatnya lebih 'menggigit'. Untuk rasa cocopandan, saya tambahkan 2 sdm sirup cocopandan. Sedangkan rasa mocca, saya tambahkan 2 sdm kopi mochacino instan bubuk yang sudah saya larutkan sebelumnya dengan 2 sdm air panas. Sedangkan untuk rasa nangka, saya tambahkan dengan 5 biji nangka yang sudah dibekukan.



Favorit saya yang rasa cocopandan, rasa cocopandannya dominan sekali, hampir mengalahkan rasa pisang, seger pokoknya. Kalau favoritnya mas pacar yang rasa cokelat. Soalnya katanya cokelat banget, ada chocochips nya juga. Kalau saya pribadi kurang suka chocochips di es krim, menurut saya mengganggu, karena harus ngunyah chocochipsnya. Saya kalo makan es krim lebih suka saya emut sampai mencair dan lumer di mulut ^_^. Kembali ke selera masing-masing ya teman-teman, silahkan bereksperimen untuk menemukan rasa favorit kalian.

Resepnya terinspirasi dari just try and taste-nya mba Endang yang sudah saya obrak-abrik sedemikian rupa disesuaikan dengan selera saya,hehe. Makasih ya mba buat idenya ^_^

ES KRIM PISANG SEHAT

Bahan Es Krim Pisang Cokelat Chocochips
- 3 buah pisang ambon
- 2 sdm cokelat bubuk
- 2 sdm madu
- 1 sdm chocochips

Bahan Es Krim Pisang Cocopandan
- 3 buah pisang ambon
- 2 sdm sirup cocopandan

Bahan Es Krim Pisang Mocha
- 3 buah pisang ambon
- 2 sdm kopi mochacino instan, dilarutkan dengan 2 sdm air panas

Bahan Es Krim Pisang Nangka
- 3 buah pisang ambon
- 5 butir buah nangka

Cara Membuat:
- Siapkan pisang, kupas, iris tipis-tipis membujur seperti koin. Iris semua sampai habis. Kalau mau pake ekstra nangka, potong nangka kecil-kecil juga.
- Masukkan pisang yang sudah diiris ke dalam tupperware atau plastik, tutup rapat, lalu masukkan ke freezer hingga beku. Masukkan juga nangkanya kalau pake.


- Setelah beku, haluskan pisang beku dengan food processor atau blender. Karena kita akan menghaluskan tanpa bantuan air sedikit pun, pastikan food processor atau blender-nya bener-bener kuat ya teman-teman. Saya kemarin pakai food processor. Kalau blender/food processor-nya udah mulai panas, matiin dulu. Lalu proses lagi hingga benar-benar halus seperti gambar.
- Setelah pisang halus, bagi bubur pisang sesuai rasa yang mau kita bikin. Lalu campur dengan bahan lainnya sesuai yang sudah saya tulis di resep.
- Tuang bubur pisang dalam wadah kedap udara (tupperware), bekukan lagi di freezer. Sajikan.


Mudah kan? Selamat mencoba! ^_^

34 komentar:

  1. Wih simpel banget,, bisa di coba :)

    ReplyDelete
  2. Silahkan dicoba mba Ardiyanti, semoga suka ya. Terimakasih sudah mampir :))

    ReplyDelete
  3. trimakasih dah sharing resp ice cream "sehat", cucok buat batita saya...:)

    ReplyDelete
  4. sama-sama mba hera, semoga si kecil suka yaa ^_^ makasih sudah mampir :)

    ReplyDelete
  5. kak kl dari buah lain bisa gak?makasih ya kak

    ReplyDelete
  6. Bisa mba, bisa pakai alpukat, atau buah2an dengan tekstur creamy lainnya. Pengalaman saya pernah pakai buah pepaya, nanas, dan nangka sebagai pengganti pisang, memang bisa tapi teksturnya nggak bisa selembut kalau pakai campuran buah pisang mba, makanya saya lebih suka mencampur pisang dengan buah lain. Terimakasih ya sudah mampir :)

    -Duryatin Amal-

    ReplyDelete
  7. iya mb. besok tak coba ke pasar nyari pisang ambon. haruskah pisang ambon? coz jenis pisang lainnya juga banyak sekali?

    ReplyDelete
  8. Bisa pakai pisang mas Mba, alternatif lain adalah pisang pesto/gabus. Pastikan sudah matang ya biar ga ada rasa 'sepet'nya.

    Terimakasih sudah mampir ^_^

    Duryatin Amal

    ReplyDelete
  9. wah simple dan mudah cocok nih buat aku yg mau mulai bisnis es krim. Terimakasih :)

    ReplyDelete
  10. Hallo Mba Dwi Lestari, maaf kelewat jawab komennya, selamat mencoba ya Mba, terimakasih sudah mampir :)

    Hallo Mba Tata, sudah saya jawab ya di atas, bisa pakai pisang mas Mba, alternatif lain adalah pisang pesto/gabus. Pastikan sudah matang ya biar ga ada rasa 'sepet'nya. Terimakasih sudah mampir :)

    ReplyDelete
  11. ICh s mbak blangnya gk pake mixer tpi pake blender sama aja..kirain bsa pake sendok dsb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mixer digunakan untuk mixing (mengaduk) adonan untuk bahan baking (kue,bolu,dll).
      Sedangkan blender digunakan untuk blending (mencampur) bahan dengan tambahan air, umumnya untuk kepurluan Jus.

      Pada umumnya pembuatan eskrim harus menggunakan mixer, untuk mencampur susu, cream, gula dan gelatin.

      Mixer dan blender jelas alat yang berbeda dengan fungsi yang berbeda. So kesalahan bukan terletak pada penulisan judul yang dipilih penulis.

      Delete
  12. Mau tanya mbak.. saya wiwin apakah jika di buat bisnis ice cream sehat. Cocok gak ya. Minta masukannya..mbak.

    ReplyDelete
  13. Xixiix ini sih bukan es krim mbak say, tapi sorbet. Beda soalnya :)

    ReplyDelete
  14. Makasih resep sorbetnya. Simpel, jd pengin nyoba. Sy sdh biasa bkn dg bahan duren (kalo lg musim).

    ReplyDelete
  15. pake mangga bisa ngga mb? hehehe
    di matesih lg musim mangga jadi mangga nya banyak bgt bingung mau dibuat apa..

    ReplyDelete
  16. Kalau membuatnya menggunakan mesin pembuat es krim kira-kira rasanya beda nggak gan?

    ReplyDelete
  17. kok bntuknya ky bubur pisang?
    di bekukan lg brp jam mba?

    ReplyDelete
  18. Mbak Pakai pisang susu bisa kah?
    Trus brp lama taruh di freezernya?
    Makasiee...

    ReplyDelete
  19. tanya mba, pisang yang di potong2 itu harus masukkin frzzer dulu sampai beku ya baru di blender. Bisa ga kalau caranya dibalik, jadi potongan pisang diblender dulu baru masukkin kulkas (apa rasanya jadi beda ya mba?)

    ReplyDelete
  20. kebetulan ada pisang nih..praktek dulu ah

    ReplyDelete
  21. SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
    HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
    3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<






    SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
    HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
    3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...