Thursday 12 December 2013

Cake Kukus Cokelat Selai Kacang Hijau

 

Beberapa waktu yang lalu setelah saya posting resep super fudgy brownies-nya martha stewart, seorang teman (kakak tingkat saya lebih tepatnya :) mengirim pesan via BBM me-request resep-resep cake yang dikukus. Sebenernya sih request-nya brownies kukus ala Amanda gitu, tapi karena pagi ini saya sedang buru-buru sekali, jadi pilih bikin yang lebih simpel tanpa melelehkan cokelat masak dulu (lama... ^_^), jadinya cake cokelat ini. (Next insyaallah saya bikin brownies kukus ala Amanda ya, Mba Riza ^_^)


 

Cake ini terbilang mudah dan cepat pembuatannya. Saya bikin pagi-pagi jam 06.30 karena jam 8 nya harus sudah berangkat ke kampus (mampir dulu nganterin bekal ^_^). Jadi maaf foto-fotonya juga seadanya tanpa dirias dulu cake-nya (biasanya juga seadanya :D) karena buru-buru takut telat. Kalau mau tampilan yang lebih cantik bisa dengan menambahkan topping cokelat ganache/meises/buttercream, dll. Saya skip karena alasan waktu yang sudah mepet tadi. Total persiapan bahan dan proses masaknya sekitar 1 jam saja. Itu pun sambil saya tinggal siap-siap :).


Sebenarnya tidak ada yang sulit dalam pembuatan cake ini, bahan-bahannya pun simpel dan mudah didapat. Kuncinya adalah pada pengocokan telur. Kocok telur sampai putih, kental, dan berjejak. Bila mixer diangkat, adonan telur akan turun dan membentuk seperti pita yang tidak langsung tenggelam. Tips lainnya adalah memasukkan tepung ke dalam adonan telur dengan menggunakan ayakan, lalu aduk balik dengan menggunakan spatula. Jangan berlebihan mengaduknya agar gelembung udara yang diciptakan tidak hilang serta adonan tidak turun.


Seperti kebanyakan cake kukus lainnya, cake ini pun sangat moist dan lembab. Kelebihan lainnya terletak pada teksturnya yang light, ringan, dan lembut dengan rasa cokelat yang yummy. Untuk isiannya, saya menggunakan stock pasta kacang hijau rasa cokelat di freezer yang saya tambahkan dengan beberapa sendok air agar konsistensinya seperti selai dan mudah dioles. Alternatif lainnya bisa menggunakan selai cokelat, stroberi, taburan meises, keju, atau tanpa isian sama sekali juga tetap lezat ^_^.

Berikut resepnya ya...

CAKE KUKUS COKELAT SELAI KACANG HIJAU
Sumber : justtryandtaste - cake-coklat-kukus-lapis-selai

Untuk loyang 21 x 9 x 5
(12 potong cake ukuran kecil)

Bahan:
2 telur
70 gr gula pasir
1/4 sdt ovallet
35 gr tepung terigu protein sedang
15 cokelat bubuk
40 gr margarine
1/4 sdt baking powder (resep aslinya gag pake)
Selai kacang hijau (resepnya disini)

Cara Membuat:
- Persiapkan semua bahan. Oles loyang dg margarine, taburi tepung terigu, bagian paling bawah alasi dengan kertas roti (Saya kelupaan gag pake alas, hehe).



- Kocok telur, gula, dan ovallet hingga kental berjejak dengan mixer. Awali dengan kecepatan rendah hingga semua bahan tercampur rata, lalu secara bertahap naikkan ke kecepatan maksimal. Adonan telah siap bila sudah berwarna putih, kental, bila mixer diangkat adonan akan jatuh dan membentuk pita yang tidak langsung tenggelam.



- Campur tepung, baking powder, dan cokelat bubuk. Ayak di atas telur sedikit demi sedikit sambil diaduk balik dengan menggunakan spatula. Hati-hati, jangan terlalu berlebihan mengaduknya.



- Masukkan margarine, pastikan tercampur rata. Adonan akan turun ketika margarine masuk.
- Masukkan dalam loyang. Kukus 30-45 menit dengan api kecil. Alasi tutup dandang dengan serbet bersih yang mampu menyerap air. Jangan buka tutup dandang selama proses pengukusan atau kue akan gagal mengembang. Angkat cake, dinginkan.



- Potong cake menjadi 2 bagian, oles dengan selai, tutup lagi. Potong sesuai selera. Sajikan.


 

Selamat mencoba ^_^

2 komentar:

  1. wah,kirain ini tadi brownis,,ditungg resep brownisnya mbk^^

    ReplyDelete
  2. Tadinya mau bikin brownies mba, tapi ternyata cokelat masaknya kesimpen di kulkas, kebayang bakal lama nglelehinnya, padahal kemarin lagi buru-buru, langsung bikin pake resep ini biar cepet, hehehe ^_^ Insyaallah secepatnya Mba browniesnya ^_^

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...