Wednesday, 25 December 2013

Donat Pisang - Banana Doughnut


Donat yang empuk, moist, lembut, dengan aroma dan rasa pisang yang kuat. Lezat disantap begitu saja meskipun tanpa topping. Yummy ^^

Saya lumayan sering bikin donat. Mulai dari donat kentang, donat ubi, donat labu, ketiganya udah pernah saya coba. Menurut saya penambahan bahan-bahan seperti yang saya sebutkan diatas selain menambah lezat dan kaya rasa dari donat, juga membuat tekstur donat lebih empuk, ringan, dan lembut meskipun sudah dingin.


Baca Selengkapnya... >>
Ini kali kedua saya bikin donat pisang. Pertama kali saya bikin donat pisang, entah saya yang salah baca resep atau salah waktu menimbang bahan, adonan donat yang sudah saya uleni sama sekali tidak mau mengembang setelah saya tunggu berjam-jam. Padahal saya sudah cek ragi saya masih bagus dan bekerja dengan baik. Dari situ saya jadi rada males bikin donat pisang lagi. Padahal sebelumnya udah kebayang, donat pisang pasti bakal enak banget, wangi pisang, rasa pisang. Eh begitu eksekusi malah hasilnya mengecewakan :(.


Setelah beberapa lama ga bikin donat pisang, akhirnya beberapa waktu yang lalu saya putuskan bikin lagi dengan resep yang lain. Kali ini resepnya saya ambil dari sajiansedap.com. Karena menurut pengalaman sebelum-sebelumnya setiap saya coba resep dari sana selalu berhasil. Jadi pas kebetulan dirumah lagi banyak pisang yang udah kematengan, bismillah saya coba bikin donat pisang pakai resep itu. Alhamdulillah kali ini berhasil ^_^. Donatnya empuk meskipun ga seringan kalau pakai kentang/ubi, yang bikin jatuh cinta wangi dan rasa pisangnya itu lho, disantap begitu saja tanpa topping aja udah enak banget karena rasa pisangnya sangat dominan. Jadi donat saya kali ini cuma dikit aja yang saya kasih topping, karena yang lain udah keburu ludes, sebagian juga udah dibawa jadi bekal buat mas pacar ^_^.

Berikut resepnya ya...
Untuk step by step lengkap membuat donat, coba lihat klik disini donat labu kuning. Sama persis, beda di bahan aja.


Donat Pisang
Diadaptasi dari sajiansedap - donat pisang ambon

Bahan:
500 gram tepung terigu protein tinggi
250 gram pisang ambon, dihaluskan
50 gram gula pasir
2 sendok teh ragi instan
1/2 sendok teh emulsifier (ovalet)
1 butir telur
100 ml air
100 gram margarin
1 sendok teh garam
minyak untuk menggoreng

Topping:
(Bisa dipilih salah satu atau dikreasikan sesuai selera)
Gula donat
Meises cokelat/warna-warni
Cokelat masak yang dilelehkan
Kacang tanah/mede
Wijen

Cara membuat:
- Campur tepung terigu, gula pasir dan ragi instan. Aduk rata. Tambahkan pisang ambon, telur, ovalet dan air. Uleni hingga kalis.

- Masukkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 1 jam (kalau saya, seperti biasa saya bikin malem sebelum tidur, didiamkan semalam).

- Kempiskan adonan. Timbang 30 gram atau sesuai selera. Bulatkan. Diamkan 10 menit.

- Ambil adonan. Pipihkan lubangi tengahnya. Letakkan diloyang yang ditabur tepung terigu. Diamkan 20 menit.

- Goreng dalam minyak yang telah dipanaskan dengan api kecil sampai matang dan kecokelatan. Beri topping sesuai selera

Selamat menikmati ^_^

7 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...