Sunday 15 December 2013

Ikan Mas Kuah Pecak


Saya suka semua olahan ikan, dan pecak ikan ini olahan ikan favorit saya (bukan cuma saya, tapi sekeluarga ^_^). Buat saya, ini cara paling enak menikmati ikan, soalnya saya suka sekali masakan dengan banyak bumbu yang kaya rasa. Kaya bumbu, tapi nggak pake ribet pastinya  ^_^



Pecak ikan adalah sajian khas betawi berupa ikan berkuah yang tampilan kuahnya mirip kuah bumbu rujak, berwarna kuning yang dimasak dengan kunyit, kemiri, bawang merah, bawang putih serta kencur. Maka sudah dibayangkan rasanya asam dan pedas mendominasi rasa makanan khas betawi ini, yang termasuk menu langka. Dilihat dari komposisi bumbu-bumbunya berupa jahe dan cabe  dengan rasa pedasm dipadukan dengan rasa asam dari jeruk limau, menu ikan kuah pecak ini paling nikmat disantap dengan sepiring nasi putih panas, sayur asem, dan tahu tempe goreng. Ah, bisa bikin lupa diri ini mah :)


Anda bisa memilih ikan jenis apapun untuk diolah dengan kuah pecak seperti ikan mas, gurame, bawal, nila, kakap, lele, bisa juga dengan memakai ayam. Karena kebetulan di freezer sedang ada 2 ekor ikan mas gendut, saya pakai yang ada aja seperti biasa :).


Jangan 'nggliyer' dulu melihat deretan bumbu yang akan saya cantumkan di bawah, memang agak banyak, tapi sebenarnya nggak ribet kalau bumbu sudah disiapkan. Semua bumbu tinggal diuleg kasar, tumis sebentar, masukkan air, dan taraaaa sambal pecak sudah jadi. Sesimpel itu? Ya, simpel kalau semua bahan sudah ada di dapur ^_^


Resepnya saya dapat dari blog-nya Mba Endang, pertama kali nyoba dari resep Mba Endang ini saya langsung jatuh cinta. Nggak percaya? Cobalah sekali, kalau ketagihan saya nggak nanggung ya, hehe ^_^

Ikan Mas Kuah Pecak
Sumber : justtryandtaste - ikan bawal kuah pecak

Bahan:
- 2 ekor ikan bawal, kerat-kerat badannya (punya saya berat totalnya sekitar 800-900gr)

Bumbu untuk ikan goreng:
- 2 siung bawang putih dihaluskan
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok teh ketumbar dihaluskan
- 1 ruas kunyit dihaluskan
(bumbu ikan bisa diganti dengan menggunakan bumbu ikan instan yang banyak dijual di pasaran, takarannya 1/2 sdt bumbu ikan + 1 sdt garam halus)

Bumbu kuah pecak, tumbuk kasar:
- 5 buah cabai merah keriting
- 8 siung bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 2 ruas jahe
- 2 batang serai
- 1 ruas kunyit
- 1 1/2 sendok teh terasi bakar

Bahan lainnya:
- 3 lembar daun jeruk purut
- 3 lembar daun salam
- 2 ruas lengkuas, memarkan
- 200 - 300 ml air (tergantung kental dan encernya kuah yang diinginkan)
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok teh garam
- 1 1/2 sendok makan gula Jawa disisir
- 2 sendok makan air asam Jawa
- 1 buah tomat, iris tipis
- 2 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat:

- Siapkan ikan bawal, buat beberapa sayatan di permukaan badannya. Lumuri dengan bumbu halus untuk ikan di seluruh bagian ikan dan bagian rongga perutnya. Diamkan selama minimal 10 menit.


- Goreng dalam minyak panas yang agak banyak hingga matang (jangan terlalu kering). Angkat dan tiriskan.



Membuat kuah pecak
- Siapkan semua bumbu halus, tumbuk kasar dengan menggunakan cobek, atau bisa juga menggunakan blender/food processor.


- Siapkan wajan atau panci kecil (saya pakai wajan anti lengket), panaskan dua sendok makan minyak. Tumis bumbu halus, daun jeruk, daun salam dan lengkuas, hingga harum. Tuang dengan air, masukkan sisa bumbu lain dan tomat ke dalam wajan. Masak hingga kuah agak mengental. Cicipi rasanya, koreksi dengan menambahkan gula/garam.


Penyajian: Masukkan ikan yang sudah digoreng ke dalam wajan yang berisi kuah pecak, masak 1-2 menit hingga kuah meresap, angkat. Alternatif penyajian lain bisa dengan menyiramkan kuah pecak di atas ikan yang sudah di tata dalam piring.

Lezaaaattt ^_^

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...