Tuesday, 3 December 2013

Super Fudgy Brownies ala Martha Stewart

 


Fudgy, super cokelat, dengan shiny crust di permukaannya yang crunchy, tapi begitu digigit dalamnya chewy, legit, dan moist. Bikinnya cepet, tanpa mixer, praktis tinggal aduk jadi satu. Perfect brownies buat para pecinta cokelat ^_^

Kalau kita googling dengan memasukkan 'super fudgy brownies by martha stewart' sebagai keyword nya, akan ada ribuan review dari mereka yang pernah mencobanya. Banyak komentar positif dan rekomendasi yang membuat saya penasaran mencoba membuatnya. Tapi berhubung saya bukan penggemar cake yang sangat manis, resep ini akhirnya cuma saya bookmark, dan masuk ke draft bersama puluhan waiting list resep lainnya :), menunggu moment yang pas untuk mbikinnya (baca:ada yang minta dibikinin).


Kebetulan beberapa hari yang lalu temen kantornya Mas Pacar BBM saya, nggojeg'i (ngajak becanda) nanyain kapan bawain kue lagi, pengen brownies katanya :D. Belakangan ini saya memang jarang sekali bawain bekal buat mas pacar. Dulu biasanya pas mas pacar kebagian shift siang dan kebetulan saya sedang free atau masuk siang juga, paginya saya bikinkan bekal dulu yang bikinnya cepet dan tidak ribet.


Langsung "triiiing" kepikiran ke resep dari tante martha ini. Udah lama banget pengen saya coba, tapi bingung siapa yang makan, soalnya orang rumah nggak ada yang suka cake yang manis. Padahal resep brownies panggang rata-rata memang menggunakan banyak gula, untuk menghasilkan 'shiny crust' di lapisan permukaannya. Mungkin lain kali kalau pengen brownies yang manisnya nggak kebangetan, saya akan lebih pilih bikin brownies versi kukus aja kali ya... (Next experiment ini mah :D)


Nggak nyesel pokoknya bikin brownies ala tante martha ini, karena cokelatnya bener-benar kerasa banget, rasanya seperti gigit cokelat bukan brownies,  semua tester juga bilang enak :D. Saya sih cuma nyicip sepotong ya, habis difoto langsung masukin toples bekalnya mas pacar biar aman, hehehe

Berikut resepnya yaa...




SUPER FUDGY BROWNIES
Sumber : marthastewart - super fudgy brownies


Bahan:
- 80 gram mentega/margarine (saya pakai margarine)
- 85 gram tepung terigu serbaguna (protein sedang)
- 20 gram cokelat bubuk
- 1/2 sdt baking powder
- sejumput garam
- 150 gram cokelat masak, potong kecil-kecil.
- 180 gram gula pasir
- 2 butir telur ukuran besar

Cara membuat:
- Panaskan oven 180'C. Olesi dengan margarine loyang persegi/square pan ukuran 18x18x4 cm. Alasi dengan kertas roti/baking paper (saya pakai kertas minyak), lebihkan atasnya sekitar 3 cm (untuk memudahkan mengeluarkan brownies dari loyang/pan, karena brownies jangan dikeluarkan dengan cara dibalik). Olesi lagi kertas roti/baking paper dengan margarine. Sisihkan.
- Campur dan ayak terigu, coklat bubuk, baking powder dan garam. Sisihkan.



- Lelehkan butter dan dark cooking chocolate (sebaiknya dengan cara ditim di atas air panas). Aduk rata sampai lembut dan licin. Angkat dari panas api. Masukkan gula pasir. Aduk rata dengan whisker atau mixer kecepatan paling rendah.
- Masukkan telur ke dalam cokelat. Aduk rata lagi. Masukkan campuran tepung, aduk rata dengan whisker sebentar saja hanya sampai tepung tercampur dan tidak terlihat lagi. Jangan overmix (diaduk berlebihan).



- Tuang ke dalam loyang/pan. Ratakan permukaannya dengan spatula (adonan liat sekali karena mengandung banyak cokelat). Panggang dalam oven sampai matang (tes tusuk sudah bersih dan hanya ada sedikit butiran yang menempel tapi tidak basah), sekitar 30-40 menit. Permukaan akan terbentuk 'shiny crust' khas brownies dan bagian tengah sudah kokoh bila ditekan.



- Keluarkan dari oven. Diamkan dalam loyang/pan minimal 15 menit. Keluarkan brownies dengan cara mengangkat kertas roti/baking paper. Biarkan masih dengan kertas roti/baking paper dinginkan di atas rak kawat (cooling rack) sampai benar-benar dingin. Setelah dingin potong-potong dengan menggunakan pisau tajam biar rapi.

10 komentar:

  1. Td mlm saya buat dgn resep ini mba. Enak sih...tapi rasa manis ya gak kira2. Manis bnget, sampe ngiung rasanya. Someday,saya akan buat lagi tapi gulanya saya akan kurangi setengah dari resep aslinya. Bisa gak ya...thnku

    ReplyDelete
  2. Mba berapa lama memanaskan oven nya?
    Lalu waktu memasukkan telurnya apakah menunggu coklat dan menteganya agak dingin? Atau langsung saja?
    Saya sudah praktek tapi atasnya mengembang dan retak, bagaimaana supaya tetap flat ya? Salah di bagian mana>
    Terimakasih,

    ReplyDelete
  3. Masalah saya sama dgn komentar di atas. Pertama, rasanya manis bnget. Super duper manis.
    Kedua, atas nya terbelah kaya gempa bumi. Masalahnya dimana? Thnku

    ReplyDelete
  4. semalem saya coba praktekan resepnya tp knp ya bagian tengahnya ga mau keras atau matang sprt bagian bawah n pinggrnya. bagian tengah lumer atau cair trs walau da bbrp x oven. apa yg salah ya? thx

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Mantap artikelnya sist, jadi nambah inspirasi. Thanks for share.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...