Thursday, 19 December 2013

Nasi Goreng Kebuli Kari Ayam



Nasi goreng kebuli kari ayam. Panjang banget ya namanya ^_^? Kebuli dan kari ayam, 2 kombinasi rasa masakan yang super lezat, kaya rasa (sesuai selera saya banget) tapi gampang banget bikinnya. GAMPANG. Saya tulis pakai huruf besar semua karena emang beneran gampang banget bikinnya.


Nasi goreng menurut saya adalah menu yang paling simpel, fleksibel banget dikreasikan biar nggak bosan, enak, cepet bikinnya, 15 menit saja menu nasi goreng spesial ini sudah bisa tersaji di meja makan ^_^


Beberapa waktu yang lalu, Mas Pacar datang kerumah saat saya tengah berjibaku di depan laptop berjuang menyusun tesis (ciee lebayy ^^). Biasanya saya selalu tanya minta dimasakin apa sebelum mas pacar datang. Tapi karena pikirannya saya lagi fokus ke 'sesuatu yang harus secepatnya saya selesaikan' itu, saya jadi ga sempat belanja, padahal stock di kulkas mulai menipis. Kasian banget kan mas pacar ini kalau dibiarin gitu aja masuk kerja shift siang tanpa sarapan dan makan siang dulu (ngenes banget :D). Jadilah kami bikin nasi goreng kebuli kari ayam ini.


Jadi menu ini adalah hasil kolaborasi kami berdua di dapur siang ini. Mas pacar kebagian tugas goreng-goreng nugget dan telur sama nyiapin minum, sedangkan saya bikin nasi gorengnya sendiri. Karena mas pacar bilang udah kelaperan dari pagi belum sarapan, saya bikinnya cepet aja, motretnya juga serba cepet karena udah ditungguin mas pacar yang udah keliatan laper banget ^^. Tapi jangan salah, meskipun bikinnya cepet dan simpel, rasanya enaaaaakkk banget, dari waktu di masih digoreng di wajan aja bawaannya pengen nyobain terus, pas udah mateng aku komen, "Sayang kok jadinya dikit ya, padahal tadi kayaknya nasinya banyak, kebanyakan nyicipnya kali ya ^^". Mas pacar langsung ngakakk.

Satu bahan yang bikin nasi goreng ini terasa sangat istimewa adalah penggunaaan bubuk kari. Bubuk kari ini dulu udah pernah saya pakai buat bikin sate padang (disini sate-padang-ala-mak-syukur). Saya juga ulas sedikit tentang bubuk karinya disitu. Jadi saran saya, sediakan bumbu kari ini di dapur karena penggunaannya yang sedikit bisa menyumbangkan rasa dan aroma yang luar biasa pada makanan yang kita masak (kumat lagi lebay nya ^_^).


Nasi Goreng Kebuli Kari Ayam
Untuk 2 porsi

Bahan:
- 400 gr nasi putih (atau nasi putih untuk 2 porsi).
- 2 pasang ati ampela goreng, potong dadu.
- 1 sdm minyak untuk menumis

Bumbu:
- 1 siung bawang putih, cincang
- 2 siung bawang merah, iris tipis
- 1/2 sdt bubuk kari
- 1 batang serai, memarkan
- 1 lembar daun jeruk
- 1 cm jahe, memarkan
- 1/4 sdt kunyit bubuk
- 1/4 sdt merica bubuk
- 1/4 sdt kaldu bubuk
- 1 sdt garam
- 1/2 sdm gula pasir
- 1 sdm kecap manis

Cara Membuat:
- Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Masukkan serai, daun jeruk, jahe. Aduk rata.

- Masukkan nasi putih, aduk rata. Tambahkan bubuk kari, kunyit bubuk, kaldu bubuk, garam, gula, dan kecap. Aduk hingga rata. Koreksi rasanya. Masukkan ati ampela yang sudah disiapkan sebelumnya. Angkat, sajikan hangat.


Gampang banget kan? Selamat mencoba ^_^

5 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...