Sunday 5 January 2014

Donat Kentang & Donat Ubi Ungu - Potato Doughnut & Sweet Potato Doughnut


Donat ini sebenernya bikinnya udah lamaaaa...banget. Saya liat di details, foto ini diambil bulan September 2013. Ngambil gambarnya pun pake kamera handphone, jadi seadanya gini teman-teman ^_^. Tapi tetep ditampilin di blog karena kemarin ada seorang teman yang nanya resep donat kentang. Sebelumnya saya sudah pernah posting resep donat labu kuning disini, dan resep donat pisang disini.

Kalau saya ga salah inget dulu bikin donat ini pesenan, soalnya bikin banyak banget, 100 lebih. Tapi pesenan siapa lupa, hehehe ^_^. Sengaja bikinnya sekalian donat kentang sama donat ubi karena waktu itu kebetulan saya pengen nyobain bikin donat ubi karena sebelumnya belum pernah bikin. Resepnya sama persis dengan resep donat kentang, cuma kentangnya aja diganti ubi ungu dengan berat yang sama.




Baca Selengkapnya ... >>


Dilihat dari tekstur, kedua jenis donat ini sama-sama lembut, fluffy, moist, dan tetap empuk meskipun sudah dingin. Mungkin karena menggunakan campuran umbi-umbian tadi jadi kelembutannya bisa awet. Tapi dilihat dari tampilan, donat kentang tampilannya lebih mulus dan lebih 'cerah' dibandingkan dengan donat ubi ungu. Mungkin karena jenis ubi ungu yang saya pakai adalah yang warnanya ungu gelap, jadi pas digoreng dia makin menggelap. Tapi jangan khawatir, soal rasa, rasanya sama-sama sedap. Menurut saya malah lebih enak yang donat ubi ungu karena ada sedikit rasa dan wangi ubi ungunya yang khas.

Langsung saja, berikut resep donat kentang dan ubi ungu yang saya ambil dari blog-nya mba hesti. Gambar lengkap step by step-nya bisa dilihat di postingan donat labu kuning disini.





DONAT KENTANG & DONAT UBI UNGU
Diadaptasi dari hesti-myworkofart : donat roti ubi ungu

Bahan :
- 350 gr tepung protein tinggi
- 100 gr tepung protein sedang
- 200 gr ubi ungu kukus (haluskan dengan garpu/blender))
- 2 sdt ragi instan
- 2 kuning telur
- 75 gr gula pasir
- 200 ml air hangat
- 60 gr margarin
- 1 sdt garam

Cara Membuat:

*klik disini untuk melihat gambar step by step-nya*
- Dalam baskom besar, larutkan ragi instan dan gula pasir dalam air. Masukkan kuning telur dan kentang/ubi yang telah dihaluskan, aduk rata. Masukkan tepung terigu, aduk rata. Uleni hingga setengah kalis. Masukkan margarin, uleni lagi hingga kalis elastis. Awalnya adonan memang sangat lengket, jangan khawatir, teruskan menguleni sambil sesekali melumuri tangan dengan tepung terigu, jangan langsung memasukkan tambahan tepung ke dalam adonan, tambahkan sesedikit mungkin tepung terigu agar roti tidak keras. Roti yang lembut salah satu faktornya dibuat dari adonan yang mengandung cukup air.



- Diamkan adonan 1,5-2jam atau hingga mengembang minimal 2 kali lipat. Karena saya menguleni adonan malam, adonan saya diamkan 6 jam untuk proofing 1, baru paginya saya kerjakan lagi.



- Kempeskan adonan, uleni lagi sebentar 1-2 menit untuk mengeluarkan gas dalam adonan.
- Bagi adonan menjadi beberapa bagian sama besar (kira-kira sebesar bola bekel, saya lupa nimbang berapa gram ^^). Bulatkan. Diamkan ±10 menit. Pipihkan dengan menggunakan telapak tangan (tidak usah terlalu pipih, sesuaikan dengan lebar cetakan donat yang dipakai). Tempatkan cetakan donat di atas adonan yang sudah dipipihkan, tekan, sisihkan adonan yang sudah dicetak dalam loyang/nampan yang sudah ditaburi tepung agar tidak lengket. Pastikan tangan, meja, dan cetakan selalu terlumuri dengan tepung agar tidak lengket. Diamkan donat yang sudah dicetak ±20 menit hingga mengembang. Goreng dalam minyak yang sudah panas. Angkat, tiriskan, sajikan.


Selamat mencoba ^_^

6 komentar:

  1. Menarik bangeett! Kebetulan temenku ada yang doyan sama donat kentang. Dulu sering beli di Pasar Mayestik Jakarta, tapi sekarang udah tutup. Kalo ubi ungu nyarinya susah nggak ya? Di supermarket2 gitu ada? Aku yakin lebih manis ubi ungu ya, daripada kentang..

    Aku jadi pengen cobaa.. Nanti kalo aku udah buat, aku taro di blog ku juga yaah. Salam kenal, aku dari www.moinblog.com :D

    ReplyDelete
  2. Hallo moin, salam kenal juga, aku udah lihat blognya, kereeen ^_^

    Kalau di tempatku sini (Boyolali/Solo), nyari ubi ungu ga gitu susah ya, selalu ada di pasar tradisional, sekilonya cuma 4rb. Kalau di supermarket sini kadang ada kadang ga. Kalau soal rasa, aku lebih suka donat ubi ungu dibanding donat kentang, lebih wangi, manis, terus ada rasa ubi ungu-nya yang khas. Tapi sayangnya donat ubi ungu ini kalau digoreng warnanya jadi gelap (kayak di foto sebelum dikasih topping), mungkin karena kandungan gula dari ubinya udah banyak, ditambah lagi warnanya yang ungu gelap :)

    ReplyDelete
  3. airnya bener air hangat?? soalnya biasanyakan air dingin.."

    ReplyDelete
  4. Airnya hangat mendidih atau anget kuku??

    ReplyDelete
  5. Keren sangat membantu. Semoga aku berhasil buatnya nanti (first time soalnya)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...