Wednesday, 8 January 2014

Nasi Goreng Gila


Nasi yang digoreng dengan bumbu minimalis, disajikan bersama tumisan pelengkap khas yang terdiri dari campuran ati ampela ayam, ayam, telur, bakso, sosis, dan jagung yang dimasak dengan bumbu sederhana. Makin beragam bahan pelengkap tumisan, makin 'gila' nasinya ^_^ . Yummy!

Apa yang teman-teman pikirkan saat mendengar 'nasi goreng gila'? Kalau saya waktu denger pertama kali kebayang nasi goreng yang super pedes karena pasti pake banyak sekali cabai rawit. Pernah denger juga nasi goreng gila ini sampai ada level-levelnya segala kayak keripik yang beberapa waktu yang lalu sempat populer karena level kepedesannya. Tapi menurut hasil googling saya beberapa waktu yang lalu menjawab rasa penasan saya. Nasi goreng gila ini artinya bukan nasi goreng yang pedas sekali, meskipun kita boleh memasukkan cabai sebanyak apapun ke dalam bumbu halusnya. Tapi yang dimaksud gila disini adalah karena semua bahan pelengkapnya dicampur dan dimasak jadi satu, bahan pelengkap yang banyak dan beragam inilah yang menjadi ciri khas nasi goreng gila. Sedangkan nasinya sendiri dimasak begitu saja tanpa bumbu halus, namun tidak plain karena disini saya menambahkan bawang putih, garam, dan merica dalam nasi goreng yang dimasak terpisah dengan pelengkap yang sudah saya sebutkan sebelumnya.


Baca Selengkapnya ... >>

Pelengkap yang dipakai untuk nasi goreng gila ini sebenarnya bisa apa saja. Saya sendiri cuma memanfaatkan apa yang ada di kulkas. Kemarin saya pakai telur orak-arik, sosis yang diiris tipis, bakso, dan jagung. Makin beragam pelengkapnya, makin 'gila' nasinya. Jadi jangan ragu-ragu untuk bereksperimen memasukkan bahan pelengkap selain yang sudah saya sebutkan. Saya lupa-lupa inget pakai ayam apa atau ga, karena bikinnya udah agak lama :( Inilah kebiasaan buruk saya, suka numpuk foto di laptop, habis itu kelupaan. Alhasil, meskipun sekarang udah tahun 2014, kalau teman-teman perhatikan, watermark di foto saya masih 2013, karena ngedit sama masang watermark-nya udah lama. Tapi baru sempat nulis dan posting sekarang. Haduh haduh, maapkeun ya ^_^.

ikin nasi goreng gila ini, akhirnya ga penasaran lagi deh. Mas Pacar sih suka banget karena saya sengaja masaknya extra pedas, sesuai seleranya. Ujung-ujungnya saya yang megap-megap kepedesan sementara mas pacar komennya masih kurang pedes ini. Haduh! Nah, buat yang ga terlalu suka pedes, jumlah takaran cabai rawit di resep bisa dikurangi ya.


Langsung saja, berikut resepnya...

NASI GORENG GILA
Diadaptasi dengan modifikasi dari Sajian Sedap
Untuk 2 porsi

Bahan nasi goreng:
- 400 gr nasi putih (nasi untuk 2 porsi)
- 2 siung bawang putih, cincang
- 1/2 sdt garam
- 1/4 sdt merica bubuk
- 1 sdm minyak untuk menumis

Bahan tumisan (pelengkap):

- 1 pasang ati ampela goreng, potong2
- Ayam suwir secukupnya
- 2 butir telur, goreng orak-arik
- 2 buah bakso sapi, iris (saya pakai 4)
- 50 gr kol, iris kasar (saya ga pakai, lagi ga punya)
- 50 gr sawi, iris kasar (saya ga pakai, lagi ga punya)
- 1 sdt kecap ikan
- 1 sdm kecap manis
- 1/2 sdt garam
- 1/4 sdt merica bubuk
- 1/4 sdt kaldu bubuk
- 1 batang daun bawang, iris halus (saya ga pakai, lagi ga punya)
- 1 sdm air
- 1 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus:
- 2 siung bawang merah
- 1 siung bawang putih
- 4 buah cabai merah keriting
- 6 buah cabai rawit

Cara membuat:
- Nasi goreng: tumis bawang putih sampai harum. Sisihkan di pinggir wajan, masukkan sebagian telur (sisanya nanti dimasak bersama bahan pelengkap), aduk sampai berbutir kasar. Tambahkan nasi putih, aduk rata. Masukkan garam dan merica bubuk, aduk rata, sisihkan.
- Pelengkap: tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan ati ampela, ayam, bakso, aduk rata. Tambahkan daun kol dan sawi, diikuti kecap manis, kecap ikan, garam, merica, kaldu bubuk. Aduk rata. Tuang air, masak sampai matang dan meresap.
- Sajikan nasi goreng bersama tumisan pelengkap.

Sedap !! ^_^

4 komentar:

  1. Sering dengar Nasi Goreng Gila, ternyata nasi goreng pakai bumbu minimalis, ampela ati, telor ayam.

    ReplyDelete
  2. He he jadi ingin merasakan Nasi Goreng Gila, kayaknya enak banget.

    ReplyDelete
  3. Nasi Goreng gila? Belum pernah coba.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...