Saturday, 25 January 2014

Pizza Mini Ubi Jalar


Pizza berukuran kecil dengan topping sosis, irisan daun bawang, parutan keju, dan oregano bubuk, dipadukan dengan roti pizza dengan campuran ubi jalar yang lezat dan lembut. Gurih, wangi, legit, nikmat! ^_^
Pizza lagiii ^_^
Kali ini pizza-nya agak beda karena saya bikin ukuran kecil alias mini. Kebetulan di freezer masih punya banyak stock ubi jalar yang sudah dikukus dan dihaluskan, yang pertama udah saya bikin roti caterpillar ubi jalar isi sosis disini. Karena kemarin ngrasain enak banget terus banyak yang belum kebagian, niatnya pengen bikin caterpillar lagi. Tapi ternyata sosisnya tinggal 4 biji, kalau mau dibikin caterpillar jadinya cuma 4 dong. Padahal adonan sudah saya uleni dan sudah proofing semalam. Akhirnya banting setir bikin pizza mini aja. Toppingnya juga cuma sosis, daun bawang, dan taburan keju yang setelah matang saya coret-coret dengan saus sambal dan mayonaise. Simpel, tapi enak ^^



Resep rotinya masih sama persis dengan resep roti caterpillar sebelumnya yang menurut saya sudah sangat pas perbandingan ubi dan tepungnya. Rasa ubi jalarnya masih terasa kuat, rotinya empuk dan lembut, harum ubi ungunya pas roti dipanggang sungguh menggugah selera, keluar dari oven udah pada diantriin ternyata, hehe ^_^.


Baca Selengkapnya ... >>


Untuk ukuran, bisa sesuai dengan selera masing-masing ya. Kemarin saya bikin diameter 12-15 cm. Sebelumnya adonan saya timbang dulu masing-masing 70-80 gram biar ukurannya sama. Toppingnya pun suka-suka saja ya, karena saya sedang males thawning jagung dari freezer, akhirnya cuma pakai topping irisan sosis dan daun bawang, parutan keju, lalu ditabur dengan sedikit oregano bubuk. Oregano-nya ini sebenarnya yang bikin harum semerbak mewangi (lebay ^_^). Daun rempah ini biasanya dipakai di masakan-masakan italia lainnya seperti spaghetti, lasagna, pasta, dll. Makenya cuma dikit aja, kayak kalau kita pakai taburan lada, karena saya beli kemasannya dalam botol kecil yang ada lubang-lubang kecilnya juga seperti lada. Jadi awet, ga tumpah-tumpah. Tapi kalau ga ada atau ga punya, bisa di skip, hanya saja aromanya tidak akan sewangi kalau pakai oregano bubuk.

Resepnya saya tulis ulang ya teman-teman ^_^ Asli ga bakal nyesel kalau udah nyobain sendiri, hehehe ^^




PIZZA MINI UBI JALAR - SWEET POTATO PIZZA
By Duryatin Amal

* 1 resep bisa menghasilkan 11-12 pizza mini diameter 12-15 cm

Bahan:
- 250 gr ubi jalar (berat setelah dikukus dan dihaluskan)
- 200 gr tepung terigu protein sedang
- 150 gr tepung terigu protein tinggi
- 50 gram gula pasir
- 60 gram margarin
- 100 ml air
- 2 sdt ragi instan
- 1/2 sdt bakers bonus A (skip bila tidak ada)
- 2 kuning telur

Bahan lain:
- sosis, diiris, untuk topping
- daun bawang untuk taburan
- oregano bubuk untuk taburan
- keju parut untuk taburan
- saus sambal dan mayonaise botolan untuk topping kalau suka

Cara Membuat:
- Dalam baskom besar, larutkan ragi instan, bakers bonus A, dan gula pasir dalam air. Masukkan kuning telur dan ubi jalar, aduk rata. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit, aduk rata. Jangan menambahkan sekaligus. Hentikan penambahan bila dirasa sudah cukup. Uleni hingga setengah kalis. Masukkan margarin, uleni lagi hingga kalis elastis. Awalnya adonan memang sangat lengket, jangan khawatir, teruskan menguleni sambil sesekali melumuri tangah dengan tepung terigu, jangan langsung memasukkan tambahan tepung ke dalam adonan, tambahkan sesedikit mungkin tepung terigu agar roti tidak keras. Roti yang lembut salah satu faktornya dibuat dari adonan yang mengandung cukup air.

- Diamkan adonan 1,5-2jam atau hingga mengembang minimal 2 kali lipat. Karena saya menguleni adonan malam, adonan saya diamkan 6 jam untuk proofing 1, baru paginya saya kerjakan lagi (proofing 1).

- Kempeskan adonan, uleni lagi sebentar 1-2 menit untuk mengeluarkan gas dalam adonan. Bagi adonan menjadi 12 bagian sama besar. Masing-masing beratnya sekitar 70-80 gram.

- Bulatkan adonan. Selalu lumuri tangan dengan tepung selama mengerjakan dan taburi meja dengan tepung, agar tidak lengket.

- Gilas adonan dengan rolling pin atau pipihkan dengan kedua telapak tangan hingga berbentuk bulat seperti pizza. Tempatkan di loyang. Diamkan 15-20 menit atau hingga mengembang 2 kali lipat (proofing 2)

- Setelah mengembang, olesi permukaannya dengan saus tomat/saus sambal. Tata sosis di atasnya. Beri taburan irisan daun bawang, parutan keju, dan oregano bubuk.

- Panggang 10-15 menit dengan api sedang hingga matang dan permukaan kecoklatan.

- Keluarkan dari oven, semprotkan saus sambal dan mayonaise bila suka.



Selamat menikmati ^_^

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...