Sunday, 12 January 2014

Bubur Ayam Kuah Kecap a la Si Mamih ^^


Bubur ayam kuah kecap ini bisa dibilang signature dish mamih saya (ciiee...). Soalnya saya belum pernah nemu bubur ayam kayak gini di pasaran. Kalau kata si mamih sih sejarahnya dulu mamih pengen banget bikin bubur ayam, tapi ga tau bumbunya. Alhasil ngarang sendiri, jadilah bubur ayam kuah kecap ini. Bubur ayam kuah kecap ini dimasak si mamih hari minggu kemarin untuk menu sarapan kami. Saya cuma bantuin bikin kuahnya aja, sementara papih sama adek saya udah pada nunggu di meja makan dengan muka kelaparan (hehehe lebay ^_^ ). Habis matengan, saya sempetin buat foto bubur ayam jatah saya dulu sebelum dimakan karena resep ini belum pernah saya masukin blog. Fotonya buru-buru karena udah dipanggil-panggil buat sarapan bareng, jadi cuma ditaruh meja, jepret-jepret ga ada 2 menit ^_^.

Bubur ayam ini hampir tiap hari minggu disajikan di meja makan rumah saya, karena selain rasanya yang menurut saya enak, masakan ini bisa dijadikan jurus andalan habisin nasi sisa kemarin atau nasi sisa yang udah beberapa hari disimpen di kulkas, biar ga mubadzir ^_^. Bubur ayam ini bikinnya simpel, cepet, dan gampang. Nasi tinggal dimasak bersama air santan dan sedikit garam hingga kental atau mencapai konsistensi yang diinginkan. Kuahnya pun sederhana sekali, bumbunya hanya menggunakan bawang putih, garam, merica, kaldu bubuk, dan bahan utama kuah, yaitu kecap manis.


Baca Selengkapnya ... >>


Karena judulnya bubur ayam, udah pasti harus ada ayam dong ya sebagai bintangnya. Kalau cara praktis mamih saya sih malam sebelumnya beli ayam kampung goreng dulu di warung deket rumah, jadi paginya pas bikin bubur ayam si ayam ini tinggal di suwir-suwir aja di atas buburnya.

Berikut resepnya ya... Siapa tau ada yang tertarik mencoba bubur ayam kuah kecap yang super simpel ala mamih saya... ^_^

BUBUR AYAM KUAH KECAP

Resep hasil modifikasi si mamih
Untuk 5 orang

Bahan Bubur:

- 600 gr nasi putih
- 800 ml air santan (mamih biasanya pakai santan encer)
- 1 sdt garam

Kuah Kecap:
- 600 ml air (bisa air kaldu atau air biasa)
- 3 siung bawang putih, goreng utuh, haluskan.
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt kaldu bubuk
- 1/8 sdt merica bubuk
- 4 sdm kecap manis

Pelengkap:
- 2 potong ayam goreng, suwir-suwir
- bawang goreng untuk taburan
- seledri, cincang halus untuk taburan

Cara Membuat:
- Bubur: Dalam panci besar, masukkan semua bahan bubur. Masak dengan api sedang sambil sesekali diaduk agar tidak berkerak di bagian dasar panci. Masak hingga nasi menjadi bubur dengan konsistensi yang diinginkan.

- Kuah kecap : Panaskan 1 sdm minyak goreng. Tumis bawang putih hingga harum. Masukkan air. Masukkan garam, merica, kaldu bubuk, dan kecap. Masak hingga mendidih. Koreksi rasanya dengan penambahan garam atau gula.

- Penyajian : Taruh bubur dalam mangkok, tuang dengan kuah kecap. Taburi atasnya dengan ayam suwir, bawang goreng, dan sledri. Sajikan bersama kerupuk mie atau kerupuk kanji.


Sedap ^_^

5 komentar:

  1. wah gampang banget ini. pengeeeeen :)))

    ReplyDelete
  2. Iya mba ga ribet pokoknya ^^ Ayo mba dicobain.
    Makasih udah mampir :)

    ReplyDelete
  3. sudah nyoba, buburnya jadi lebih gurih
    punya resep bubur aceh ngak bun?
    jual mukena anak
    gudang mukena anak
    jual mukena anak

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...