Thursday, 2 January 2014

Mie Goreng Jawa



Ini adalah salah satu resep buru-buru andalan saya selain aneka kreasi nasi goreng dan ayam teriyaki. Bikinnya gampang, cepet, bumbunya simpel, tapi tasty sekali, yumm ^_^.

Mie goreng jawa ini sebenernya bikinnya tanpa rencana. Rencananya sih pengen bikinin nasi goreng buat menu sarapan sekaligus makan siangnya mas pacar beberapa hari yang lalu. Tapi pas udah mau mau ngambil nasi ternyata nasinya tinggal seuprit, ga nyampe 1 porsi pemirsa *tepok jidat*. Mau masak nasi dulu kayaknya kelamaan karena saya udah kesiangan masuk dapur. Akhirnya saya banting setir bikin mie goreng jawa aja, kebetulan di lemari masih ada stock beberapa mie kering.


Baca Selengkapnya ... >>

Dulu pas bantuin si mamih bikin mie goreng jawa, kata mamih bumbu yang paling penting kalau bikin mie jawa itu kemiri sama ebi. Kalau dua bumbu itu ga ada, dijamin rasanya ga akan mantap, alias blind gitu *cieee...*. Makanya sampai sekarang saya selalu pakai panutan itu, ga pernah lupa masukin 2 bumbu utama itu tiap bikin mie jawa.

Tips dari mamih saya dalam pembuatan mie goreng jawa, biar mie nya ga lengket di wajan adalah yang pertama pakai wajan teflon *hahaha,,yang ini udah pada tau ya* :D. Terus kedua, mie kering yang habis direbus, langsung di cuci pakai air biasa suhu ruang, fungsinya agar panas yang tersisa dari hasil merebus mie hilang sehingga tidak melanjutkan proses pemasakan yang bikin mie jadi 'lonyot' atau terlalu lembek. Dengan cara ini insyaallah mie ga akan lengket satu sama lain, ga akan nempel di wajan juga.

Tips lainnya adalah tambahkan sedikit air saat bumbu sudah selesai ditumis (sudah harum), masukkan bumbu lain seperti kecap, dll, baru masukkan mie nya. Cara ini dilakukan agar bumbu (termasuk kecap) bisa tercampur rata dengan mie yang kita masak. Jadi nanti warnanya cokelat dari kecap bisa cepat rata dan tidak belang-belang.



Nah langsung dicoba yuk teman-teman, gampang kok. Ini resepnya yaa...

Mie Goreng Jawa
Diadaptasi dari diahdidi - mie goreng jawa

Bahan:
100 gr mie kering, rebus hingga matang, siram air dingin
5 buah bakso sapi, iris
1 potong paha ayam goreng, suwir-suwir
1 butir telur, orak-arik
3 lembar sawi hijau, potong kasar
1 buah wortel, iris tipis
Garam
Kaldu bubuk secukupnya
2 sdm kecap manis
Seledri cincang
Bawang goreng
50 ml air

Bumbu halus:
2 siung bawang putih
2 butir kemiri
1/2 sdt merica
1 sdt ebi sangrai

Cara Membuat :
- Siapkan bahan pelengkap, haluskan bumbu halus. Sisihkan.



- Rebus mie hingga lunak, angkat, siram dengan air dingin/air biasa. Tiriskan.


- Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, tuang 50 ml air ke dalamnya. Masukkan wortel. Masak hingga wortel matang. Masukkan sawi hijau, masak sebentar saja. Masukkan kecap, garam, kaldu, aduk rata.
- Masukkan mie, aduk rata. Masukkan bakso, telur, dan ayam, aduk rata. Sajikan dengan taburan seledri cincang dan bawang goreng.


Mudah bukan? Selamat mencoba ^_^

2 komentar:

  1. Awesome information..
    Keep writing and giving us an amazing information like this..

    Blog Walking visit myblog http://bombomwar.blogspot.co.id/ ^^

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...