Friday, 3 January 2014

Sosis Mie Gulung


Sosis yang gurih dililit dengan mie berbumbu, lalu digoreng hingga garing dan renyah. Crispy, gurih, tasty, lezat! ^_^

Beberapa waktu yang lalu saya dan mas pacar bikin sosis mie gulung. Sebenernya saya asal aja sih kasih namanya, karena ga tau nama aslinya ^^. Ceritanya habis jalan-jalan ke pasar malem dan jajan makan-makanan jadul jaman SD, mas pacar cerita lagi kangen sama jajanan SD dulu yang katanya dibikin dari mie yang dililit dengan mie telur yang sebelumnya sudah direbus, habis itu digoreng garing. Tapi seinget saya kok jaman saya SD dulu, ga ada jajanan kayak gitu, apa penjualnya ga nyampe sekolah saya kali ya ^^ padahal pas saya nanya ke adek saya yang 6 tahun lebih muda dari saya, dia tau lho. Nah lho, bener kali ya, pas jaman saya SD jajanan ini belun nyampe ke SD saya ^_^.


Baca Selengkapnya ... >>

Karena mas pacar ngomonginnya lebih dari sekali, saya simpulkan dia lagi pengen beneran. Kalau ga pengen beneran biasanya cuma ngomong sekali, habis itu lupa, hehe. Jadilah beberapa waktu yang lalu sebelum mas pacar dateng saya udah motong-motongin sosis dan nyiapin mie. Pas mas pacar dateng, dia ikut bantuin lilitin mie ke sosis sama goreng sosis mie-nya.

Komentarnya?
Enak banget katanya, lebih enak dari bayangannya. Mie-nya bisa garing dan kriuk-kriuk sampai dalem, tanpa gosong. Soalnya seingetnya dulu yang krik-kriuk cuma mie bagian luarnya aja, sedangkan dalemnya masih basah, jadi dia lebih suka yang matengnya sampai ke dalem, renyahnya sampai ke dalem. Selain itu katanya sosisnya lebih enak ini. Ya iyalah lebih ini, wong ini sosis beneran, yang dijual di depan SD kan sosis-sosis'an hehehehe ^_^ (you know what i mean :D)


Tips untuk membuat sosis mie gulung ini adalah pada mie-nya. Usahakan tetap menggunakan mie yang panjang, jangan dipotong. Kalau minya pendek-pendek nanti bakal susah gulungnya. Setelah mie direbus dan matang, segera siram dengan air dingin/air biasa agar tidak lengket satu sama lain. Terus kata mas pacar, seingetnya dulu mie yang dipake ga ada rasanya. Tapi dia lebih suka versi saya karena mie-nya berbumbu jadi lebih kaya rasanya. Saya bumbuin pake garam, lada, dan sedikit kaldu bubuk biar rasanya ga hambar. Kedua versi ini bisa dipilih salah satu. Kalau mau dibumbuin, bumbui mie-nya setelah mie matang dan disiram air dingin.

Berikut resepnya ya...


Sosis Mie Gulung
Resep hasil modifikasi sendiri

Bahan:
- 7-8 buah sosis (bisa sosis ayam/sapi)
- 100 gr mie kering (rebus, bumbui dengan 1/2 sdt garam, 1/8 sdt merica bubuk, 1/8 sdt kaldu bubuk)

Cara Membuat:
- Potong sosis menjadi 2-3 bagian. Kalau pakai sosis ukuran biasa, potong jadi 2 bagian. Kemarin saya pakai sosis merk 'Kimbo' yang lebih panjang dari sosis biasanya, tapi diameternya lebih kecil dari biasanya. Jadi saya potong jadi 3 bagian.
- Buat sayatan bentuk '+' pada kedua ujung sosis, sisihkan.
- Rebus mie hingga matang. Angkat, siram dengan air dingin/biasa. Taruh dalam piring. Beri garam, merica, kaldu bubuk, aduk rata.
- Ambil 1 potong sosis, lilit dengan mie yang sudah berbumbu. Goreng dalam minyak panas dengan api kecil hingga mie dan sosis matang, sesekali bolak-balik agar matang rata.


Selamat mencoba ^_^

3 komentar:

  1. mbak, saya buat itu suka lepas mie nya.. Gimana ya biar mie nya rekat gak lepas gt?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...