Friday, 24 January 2014

Ceker Ayam Saus Tiram ala Dimsum


Hari ini saya masak ceker ayam ala dimsum, kayak biasanya dijual di resto-resto chinese food. Kebetulan di freezer ada 1/2 kg ceker ayam entah dari jaman kapan, makanya langsung saya berdayakan takut keburu rusak ^^.

Masaknya pun gampang, saya pilih pakai bumbu yang simpel saja biar ga ribet. Karena hari ini kebetulan sedang malas ubet di dapur. Kemarin saya pulang kemaleman, pulang kampus masih harus keliling mengurus keperluan untuk hari-H. Padahal hujan dari siang turun dengan derasnya mengguyur kota Solo sampai malam. Alhasil sepanjang perjalanan saya kehujanan, pulang ke Boyolali pun diiringi hujan deras. Sampai dirumah badan rasanya udah remuk redam (lebay ^_^) makanya pagi ini masaknya yang simpel-simpel saja. Ceker ayam ala dimsum sama laksa ayam, sedap ^^



Olahan ceker ayam yang enak menurut saya, terutama harus empuk! Ceker harus empuk, kalau bisa sampai 'mrethel' dari tulangnya gitu. Tips untuk membuat ceker yang empuk paling mudah adalah dengan merebusnya terlebih dahulu dengan panci tekanan tinggi (panci presto). Tapi karena saya ga punya panci presto, saya pakai cara manual. Goreng ceker ayam hingga setengah garing, setelah itu rendam dengan air es yang banyak hingga cekernya mengembang. Atau bisa juga direbus dulu hingga matang, barung direndam dalam air es. Saya pribadi lebih suka cara kedua, menurut saya dengan merebus ceker terlebih dahulu, selain meminimalisir lemak juga membuat ceker lebih empuk daripada menggorengnya terlebih dahulu. Jangan lupa untuk memberi sayatan pada beberapa bagian ceker sebelum diolah. Ini akan membuat ceker ayam lebih cepat empuk dan bumbu meresap dengan sempurna.


Baca Selengkapnya ... >>



Ini salah satu makanan kesukaan mas pacar. Biasanya malah suka dicemilin, bukan buat lauk. Asyik makannya, dipreteli satu per satu ^_^. Karena lumayan simpel, bikin ceker ayam ala dimsum sendiri yuk. Daripada beli di resto, harganya lebih mahal cuma dapet seuprit, kurang puas dong makannya ^_^.
Berikut resepnya ya...



Ceker Ayam Saus Tiram ala Dimsum
 by Duryatin Amal


Bahan:
- 500 gram kaki ayam, potong kuku-kukunya, cuci bersih. Kerat-kerat menjadi 2 -3 bagian.

Bumbu:
- 2 sendok makan saus tiram
- 1/2 sdt garam
- 3 butir bawang putih, haluskan
- 2 ruas jahe, cincang
- 2 sdm gula jawa/gula pasir
- 2 sendok makan kecap manis
- 3 buah cabai rawit merah, iris (bisa dikurangi atau dilebihkan sesuai selera)
- 3 sendok makan saus sambal botolan
- 750 ml air

Cara membuat:
- Rebus ceker sampai empuk, angkat, tiriskan.
- Rendam ceker dlm air es sampai mengembang, tiriskan.
- Haluskan bawang putih dan cabai rawit. Cincang jahe kecil2.
- Panaskan minyak, tumis bumbu halus, masukkan air. Masukkan saus tiram, gula, kecap manis, saus sambal, dan garam. Masukkan ceker ayam. Masak hingga air menyusut. Angkat. Sajikan.



Selamat mencoba ^_^

7 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...