Thursday 16 January 2014

Chiffon Cake Ketan Hitam


Chiffon cake dengan campuran tepung ketan di dalamnya. Super lembut, 'kopos-kopos' kayak kapas, light, wangi ketan hitam, ditambah rasa ketan hitam yang khas. Sedap! ^_^

Seperti yang sudah saya ceritakan di postingan Chocolate Coffee Chiffon Cake sebelumnya disini, chiffon cake adalah cake favorit saya. Teksturnya yang lembut dan ringan bikin saya jatuh cinta sejak pertama kali nyobain chiffon cake (ciiieee...). Itulah sebabnya meskipun dulu saya sempat puluhan kali gagal bikin chiffon cake, saya ga pernah berhenti mencoba sampai akhirnya saya tau dimana letak kesalahan saya. Ternyata kesalahan saya terletak pada ovennya yang kurang kompatibel. Dulu saya pakai oven model bawah panci atasnya wajan yang banyak dijual di pasaran. Biasanya saya manggang roti, cake, sampai muffin pakai itu berhasil-berhasil aja. Tapi begitu saya pakai buat manggang chiffon cake, chiffon cake saya selalu mengembang sempurna di dalam, tapi begitu dikeluarkan akan mengkeret dan kempes dengan sempurna juga ^_^. Begitu saya panggang pakai oven tangkring ternyata sampai sekarang alhamdulillah belum pernah gagal :).



Baca Selengkapnya ... >>


Loyang yang saya pakai kali ini bukan loyang tulban seperti sebelum-sebelumnya. Tapi saya pakai loyang khusus chiffon cake yang bisa dibongkar pasang. Saya beli online disini karena pencarian saya selama berbulan-bulan di Solo dan sekitarnya tidak membuahkan hasil ^_^. Keuntungan dari pakai loyang khusus chiffon cake adalah ga perlu lagi ngasih alas di dasar loyangnya. Udah gitu ngeluarin chiffon cake dari loyangnya juga gampang, tinggal disisir melingkar menggunakan pisau yang tajam.

Karena saya suka sekali olahan ketan hitam, makanya bisa dibilang chiffon cake ketan hitam ini adalah varian chiffon cake favorit saya. Penambahan ketan hitam di dalamnya bikin wanginya lebih aduhai, dan tekstur tepung ketan hitam yang biasanya agak berpasir disini ketutup sama lembutnya. Mungkin juga karena saya tetep pakai tepung terigu, jadi ga 100% tepung ketan hitam. Yang pasti rasanya jempol 4. Lain kali pengen bikin yang ga pakai campuran tepung terigu, jadi semuanya tepung ketan hitam. Penasaran sama rasanya ^_^.

Untuk gambar step by step-nya, maaf ya teman-teman belum bisa bikin. Soalnya kemarin bikinnya buru-buru. Begitu saya balik loyang di atas gelas sambil menunggu dingin, saya tinggal pergi-pergi. Next time insyaallah saya bikin foto step by step-nya biar lebih afdol, hehehe. Berikut resepnya ya...





CHIFFON CAKE KETAN HITAM
By Duryatin Amal

Bahan A:
- 3 putih telur
- 4 sdm gula pasir
- 1 sdt air jeruk nipis (skip bila tidak ada)

Bahan B:
- 3 kuning telur
- 2 sdm gula pasir
- 1 1/2 sdm minyak sayur
- 2 sdm santan kental instan dilarutkan dengan 2 sdm air matang
- sejumput garam
- 40 gr (5 sdm) tepung ketan hitam
- 20 gr (2 1/2 sdm) tepung terigu protein sedang/rendah
- 1/2 sdm baking powder

Cara Membuat :
1. Bahan A : kocok putih telur dengan menambahkan gula sedikit demi sedikit, tambahkan pula air jeruk nipis. Kocok sampai mengembang dan terbentuk soft peak. Sisihkan.

2. Bahan B : kocok kuning telur dan gula sampai kental dan gula larut. Tambahkan tepung ketan hitam yang dicampur tepung terigu sambil diayak. Tambahkan larutan santan, kocok rata. Lalu masukkan minyak, kocok rata dengan speed paling rendah.

3. Masukkan kocokan putih telur (bahan A) sedikit demi sedikit ke bahan B. Aduk rata dengan spatula. Kalau kocokan putih telurnya berair, cukup ambil busanya saja.

4. Tuang adonan ke loyang chiffon diameter 18 cm (tanpa dioles margarin/minyak). Panggang pada suhu 170 derajat C selama 20 menit, lanjutkan dengan suhu 160 C selama 10-15 menit. Kalau pakai oven tangkring diawali dengan api sedang, tunggu sampai mengembang 20 menit. Setelah itu lanjutkan memanggang dengan api kecil selama 10-15 menit sampai permukaan cake terlihat kecoklatan.

5. Keluarkan cake dari oven, balikkan loyang (bisa juga disanggah dengan botol/gelas), biarkan benar-benar dingin dan uap panas hilang. Lalu keluarkan dari loyang dengan menyelipkan spatula/pisau panjang di antara cake dan loyang.



Selamat mencoba ^_^

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...