Friday 20 December 2013

Martabak Manis (Terang Bulan) versi Martabak Bangka



Lembut, kenyal, manis dari cokelat meises dan susu kental manis, dipadukan dengan gurihnya taburan parutan keju, serta pinggiran yang crispy khas martabak. Sajikan saat hangat dengan cokelat yang masih meleleh, lezat! ^_^


Martabak manis (terang bulan) ini saya bikin minggu lalu buat sarapan karena lagi pengen makan martabak, kayaknya udah lama banget ga bikin. Bikinnya cepet, seperti biasa ga pake ribet, ga pake repot, dan pastinya rasanya enak ^_^.


Martabak yang kali ini saya bikin menggunakan bahan pengembang baking powder dan baking soda (soda kue). Hasilnya adalah martabak yang empuk dan sedikit kenyal khas martabak bangka. Martabak manis (terang bulan) sendiri setahu saya ada dua versi. Versi pertama adalah versi ala bangka yang sudah saya sebutkan di atas, sedangkan versi kedua adalah versi martabak bolu yang menggunakan bahan pengembang ragi instan. Martabak bolu hasilnya lebih 'ngapas', kalau dipotong seratnya hampir ga kelihatan saking lembutnya, bahasa jawanya 'kopos-kopos' ^_^. Kali ini saya pilih bikin versi martabak bangka biar cepet aja karena adonan ga perlu didiamkan/diistirahatkan terlebih dahulu. Berbeda dengan martabak bolu yang harus diistirahatkan dulu adonannya agar ragi instan dapat bekerja maksimal menghasilkan serat-serat martabak yang halus. Versi martabak bolu insyaallah lain kali akan saya posting, sekarang versi martabak bangka aja yang lebih praktis. Cocok buat yang lagi buru-buru, masaknya cuma 15 menit saja. Aku pakai wajan teflon biasa, diameter 22-24cm. Bisa juga pakai loyang khusus martabak kayak abang-abang penjual martabak terang bulan di pinggir-pinggir jalan. Tips-nya adalah gunakan wajan teflon yang agak tebal dasarnya agar martabak bisa matang sempurna tanpa bikin gosong kulitnya. Kalau teflonnya tipis nanti martabaknya belum mateng tapu kulitnya udah gosong duluan ^_^.


Tips berikutnya adalah gunakan api kecil (sekecil mungkin) dengan panas yang stabil. Caranya adalah panaskan teflon terlebih dahulu dengan api sedang hingga panasnya merata (sekitar 2-3 menit), lalu kecilkan apinya hingga sekecil mungkin. Diamkan sekitar 5-10 menit sambil mempersiapkan bahan-bahan dan membuat adonan martabak. Hal ini dilakukan agar panas teflon merata, sehingga warna kulit martabak bisa rata dan ga cepet gosong. Jangan lupa tutup teflonnya dengan penutup kaca/tutup panci agar panasnya ga keluar-keluar.

Karena membuat martabak terang bulan itu mudah, bikin sendiri yuk dirumah, bahannya gampang, bikinnya cepet, yang pasti lebih sehat dan terjamin kebersihannya karena kita tahu betuk bahan-bahan apa yang kita masukkan. Putus hubungan deh sama abang-abang penjual martabak pinggir jalan ^_^

Berikut resepnya ya...


Martabak Manis (Terang Bulan) versi Martabak Bangka
Diadaptasi dengan sedikit modifikasi dari sajiansedap -.martabak manis mini
Resep berikut untuk 1 loyang martabak (saya pakai teflon diameter 22-24 cm)

Bahan:
200 gr tepung terigu
260 ml air
1 butir telur, kocok lepas
1/2 sdt baking powder
1 sdm gula pasir
1/8 sdt vanilla
1/4 sdt garam

Bahan tambahan per loyang:
1/4 sdt soda kue
1 sdm air
Gula pasir untuk taburan

Bahan isi:
mentega/margarin
Meises
Susu kental manis
Keju parut
(Isi bisa dikombinasikan sesuai selera)


Cara Membuat:
- Panaskan teflon dengan suhu sedang/tinggi 2-3 menit hingga panas teflon merata. Lalu kecilkan api hingga paling kecil. Tutup teflon, diamkan 5-10 menit hingga panas teflon stabil. Sementara itu kita siapkan adonannya.

- Kocok telur, gula, dan vanilla dalam mangkok besar/baskom hingga gula larut.



- Masukkan air sekaligus. Campur tepung terigu, baking powder dan garam, aduk rata. Ayak campuran tepung terigu tadi ke baskom berisi adonan telur. Aduk rata, jangan sampai bergerindil. Pakai handwhisk untuk mempermudah.


- Sesaat sebelum dituang ke loyang, larutkan soda kue dan air, tuang ke adonan. aduk cepat, langsung tuang adonan dalam teflon. Buat pinggir-pinggiran yang crispy dengan cara memutar teflon hingga separuh dinding teflon. Tutup teflon. Beberapa saat kemudian akan muncul gelembung-gelembung yang membentuk sarang/serat martabak. Sesekali buka tutup teflon untuk mengecek dan usap uap air yang menempel di tutup teflon.
- Bila pinggir-pinggirannya sudah mulai terlihat kecoklatan dan permukaan sudah kering, taburkan gula pasir. Tutup teflon, tunggu hingga gula meleleh. Angkat.




- Olesi dengan mentega/margarin, taburi dengan meises, parutan keju, dan susu kentak manis. Potong sesuai selera, sajikan hangat.



Selamat Mencoba ^_^

46 komentar:

  1. sist,saya bingung unt baking powder dmasukin pas kapan ya? terus unt bahan tambahan per loyang itu gunanya apa (soda kue,air) :-) mksh jwbnx,,

    ReplyDelete
  2. Oiya lupa belum saya tulis mba, makasih ya koreksinya ^_^ sudah saya perbaiki. Baking powder-nya dimasukkan bersama tepung dan garam ya, diayak langsung di atas adonan telur sebelumnya, setelah itu baru diaduk.

    Bahan tambahan per loyang (soda kue+air) dimasukkan sesaat sebelum adonan dituang loyang, karena daya kerja soda kue ini hanya sebentar, fungsinya untuk membuat 'sarang' pada martabak. Kalau adonan udah dikasih soda kue tapi masih dibiarkan sekian lama, soda kue tidak akan bekerja dengan baik lagi

    Terimakasih sudah mampir :)

    ReplyDelete
  3. Mbak, kalo bikin martabak yang model martabak piring itu apakah sama caranya? Terimakasih mbak

    ReplyDelete
  4. Adonannya sama saja mba, tinggal disesuaikan dengan jumlah kebutuhan :) Terimakasih sudah mampir :)

    ReplyDelete
  5. Mbak, berarti adonan tidak perlu didiamkan dulu ya? Trus ngaduknya ga perlu pake mixer? Mksh

    ReplyDelete
  6. Ngaduknya pakai hand whisk atau garpu saja mba, yang penting pastikan adonan sudah smooth, tepungnya tidak bergerindil.
    Adonan tidak perlu didiamkan mba, kalau mau langsung dimasak, bisa langsung dicampur dengan larutan soda kue. Tapi didiamkan dulu sekitar 30 menit lebih bagus, akan lebih empuk dan lentur hasilnya.
    Selamat mencoba Mba Santi, semoga berhasil ya ^^

    ReplyDelete
  7. Mba...saya udah bberapa kali bkin bantet dan tidak bersarang.pengin nyobain resepnya mba.saya kan ga punya timbangan klo trigu yang 1/4kg kira2 d kurangi brp sendok ya? Terus itu takaran yang 1/2sdt muncung apa rata.mksh sebelumnya.

    ReplyDelete
  8. Gimana kalo pake cetakan yg ga teflon ya mbak ? Apakah hasilnya sama ? Trus kalo ditambah mentega cair 1 sdm bisa ngga ? Trims.

    ReplyDelete
  9. @ Ummu Najmi: Dulu sebelum punya timbangan, saya pakai konversi ini Um. 1 sdm tepung terigu = 8 gram. 1/2 sdt rata Um. Saya biasa pakai sendok takar yang banyak dijual di toko bahan kue Um. Semoga membantu ya, terimakasih sudah mampir :)

    ReplyDelete
  10. @ Andri Cahyono : Pakai loyang khusus untuk membuat martabak malah lebih bagus mas, karena bisa menghasilkan panas yang rata. Selain itu loyang khusus martabak juga lebih tebal, jadi tidak mudah gosong. Ditambah mentega yang sudah dilelehkan bisa mas, tapi jangan terlalu banyak, takutnya nanti kulitnya 'mblentong2' ga mulus :) terimakasih ya sudah mampir

    ReplyDelete
  11. makasii resepnya mba.. saya sudah nyobain resep martabak yg ini, sampe camer pun ikut nanyain gimana bikinnya hehehe..
    oiya mba, itu wajan mksdnya didiamkan 5-10 menit itu api kecil tetep nyala kan ya? martabak pertama saya agak gosong soalnya hehehe

    ReplyDelete
  12. Devina Geraldine20 August 2014 at 09:47

    Sis, kalau bahan per loyang, kalau buatnya 2 loyang jadi gimana?

    ReplyDelete
  13. sdh ikutin resep na ga kurang ga lebih..adonan na jd kentaal bgt yh mbak? trs api sedang/kecil pengaruh ga yh sm.ngembang/ga na kue/cake? hasil ku mateng na sempurna tapiii ga berpori2:(

    ReplyDelete
  14. anonim
    tambahkan baking soda/powder 1sdt biar berpori..

    ReplyDelete
  15. Mbak kq ada resep martabak manis yg pake susu bubuk yaa?? Bedanya apa pke susu n tdk pke susu?? Kl pake susu takaran nya gmn?? Makasih

    ReplyDelete
  16. Mba.. Kl sdh dikasi soda kue+air, adonannya harus lgsng di masukin ke Teflon?

    ReplyDelete
  17. maaf mbak, sebagai koreksi dan berbagi dr pengalamanq sendiri saat membuatnya...pada waktu adonan dituang sebaiknya jgn langsung ditutup biar berlubang dan bersarang. saat smua sudah berlubang bisa ditabur gula dan ditutup. smoga bermanfaat ya

    ReplyDelete
  18. Martabak nya bikin saya lapar hehe.. keren resepnya :D

    ReplyDelete
  19. Perlu dicoba nih kayaknya enak dan mengundang selera makan. Terima kasin

    ReplyDelete
  20. Mbak,yg bag "masukkan air sekaligus", itu maksudnya air dimasukkan ke bag yg mana, telur ato tepung?

    ReplyDelete
  21. Mbak kok punyaku gak bersarang ya?

    ReplyDelete
  22. bikin laper, hujan gini enak banget makan martabak manis.

    ReplyDelete
  23. enak makannya klo waktu hujan, mantap...

    ReplyDelete
  24. SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
    HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
    3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<






    SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
    HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI KANJENG DIMAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI KANJENG DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
    3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<

    ReplyDelete
  25. ijin nyobain resep

    www.idmfbs.com

    ReplyDelete
  26. terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan lezat serta sehat memang sangat penting, akan tetapi memasak dengan alat masak yang tepat juga sama pentingnya.


    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...