Wednesday 1 January 2014

Bakpao Tepung Ketan Hitam Isi Pasta Kacang Hijau - Black Glutinous Rice Flour Steamed Buns with Mung Bean Filling

Bismillah...
Assallamu'allaikum teman-teman ^_^. Alhamdulillah hari ini sudah memasuki hari pertama di tahun 2014. Selamat tahun baru 2014 ya teman-teman, semoga tahun ini kita semua bisa menjadi manusia yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Aminnnnn :)



Kali ini saya mencoba bereksperimen dengan tepung ketan hitam untuk membuat bakpao yang super empuk ini. Hasilnya memang tidak mengecewakan sama sekali. Super empuk, fluffy, dengan rasa dan aroma tepung ketan yang khas, dipadukan isian pasta kacang hijau yang manis dan lumer di mulut. Ah, nikmat sekali disantap dalam kondisi hangat-hangat ^_^.


Tepung ketan hitam terbuat dari beras ketan hitam. Tepung ketan hitam dibuat dengan cara digiling, ditumbuk, atau dihaluskan. Tepung ketan ini sifatnya beda ya dengan dengan tepung ketan putih, jadi kedua bahan ini tidak bisa saling menggantikan. Tepung ketan hitam teksturnya mirip tepung beras, tetapi bila diraba tepung ketan akan terasa lebih berat melekat. Hal ini disebabkan tepung ketan lebih banyak mengandung pati yang berperekat. Tepung ketan hitam biasanya digunakan untuk bahan dasar kue-kue tradisional seperti putri mandi ketan hitam, putu ayu ketan hitam, onde-onde ketan hitam, dll. Tapi seiring dengan berkembangnya dunia kuliner di Indonesia yang sangat pesat, tepung ketan hitam sudah sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kue-kue modern contohnya seperti brownies ketan hitam yang belakangan sedang naik daun. Untuk brownies ketan hitam, sebenarnya saya sudah sering bikin, lain kali insyaallah akan saya posting ya teman-teman ^_^




Baca Selengkapnya ... >>


Terus terang saya baru 1 tahun belakangan ini mengenal dan menggunakan tepung ketan hitam karena di daerah tempat tinggal saya kayaknya nggak pernah ada yang jual. Dulu banget untuk pertama kali, saya dapet tepung ketan hitam dari Mamahnya temen adek saya yang kebetulan bakulan kue-kue, jadi ga asing sama tepung ini. Itu juga katanya beli di Salatiga/Semarang ya (lupa-lupa inget ^^). Baek banget kan saya dikasih tepung ketan hitam gratis hihihi, makasih lho Pang ^_^. Tapi itu dulu tepungnya ga habis, karena saking saya 'eman-eman' (disayang-sayang/irit makenya), malah kelupaan, terus akhirnya apek karena udah kelamaan, hehehe. Alhamdulillah habis itu saya bisa ketemu tepung ketan hitam ini lagi pas lagi belanja di salah satu toko bahan kue di Pasar Legi, Solo. Senengnya kayak apa ^_^. Karena saya termasuk penggemar kue yang berbahan dasar ketan hitam ini.

Adonan sebelum dan sesudah proofing

 Resep yang saya pakai kali ini masih sama dengan resep bakpao super empuk sebelumnya yang pernah saya posting disini. Yang berbeda hanya takarannya saja. Bila resep bakpau sebelumnya menggunakan total 400 gr tepung terigu, kali ini saya pakai setengah resep saja, 150 gr tepung terigu, ditambah dengan 50 gr tepung ketan hitam. Jadi perbandingannya tepung ketan hitam dengan tepung terigu 1 : 3. Adonan yang dihasilkan agak lebih lembek dari adonan bakpao biasa, setelah melalui proses proofing adonan yang dihasilkan lembut sekali sehingga agak susah dibentuk. Lain kali mungkin saya ubah takarannya jadi 200 gr tepung terigu ditambah 50 gr tepung ketan hitam biar lebih padet adonannya ^_^.



Berikut resepnya ya...

Bakpao Tepung Ketan Hitam Isi Pasta Kacang Hijau - Black Glutinous Rice Flour Steamed Buns with Mung Bean Filling
Diadaptasi dengan modifikasi dari bakpao isi ayam jagung super empuk
Untuk step by step lengkap disertai foto, bisa klik link di atas ^^
Resep filling kacang hijau bisa klik disini

Bahan roti:
Bahan starter/biang (A):

- 50 ml air hangat
- 1 sendok teh ragi instant
- 50 gram tepung terigu protein sedang (segitiga biru)

Bahan untuk adonan roti (B):
- 100 gr tepung terigu protein sedang (segitiga biru)
- 50 gr tepung ketan hitam
- 50 gr gula pasir (3 sdm)
- 1 sendok teh baking powder, pastikan masih fresh
- 2 sendok teh margarine/mentega
- 1/8 sendok teh garam
- 50-60 ml air

Cara Membuat:
- starter: larutkan ragi instan dalam air. Masukkan tepung terigu, aduk rata. Diamkan kurang lebih 15 menit.

- Bakpao: larutkan gula pasir dengan air dalam baskom besar. Masukkan tepung terigu, baking powder dan garam. Aduk rata hingga adonan liat. Uleni hingga kalis elastis 10-15 menit. Diamkan minimal 1,5 jam untuk proofing pertama (saya diamkan 5 jam, ditinggal tidur :).

- Kempiskan adonan yang sudah melalui proofing pertama. Bagi sama besar. Pipihkan adonan dengan telapak tangan, atau bisa menggunakan rolling pin.

- Isi dengan 1-2 sdm bahan pasta kacang hijau yang telah disiapkan sebelumnya. Bulatkan adonan seperti gambar, atau bisa juga dibentuk bulat seperti biasa, sesuai selera.

- Letakkan bakpao yang sudah dibentuk bulat di atas kertas minyak/daun pisang. Diamkan 20 menit untuk proofing kedua.

- Panaskan dandang kukusan hingga air mendidih dan beruap banyak. Kecilkan api, masukkan bakpao. Lapisi tutup dandang dengan serbet yang mampu menyerap air, agar air tidak menetes ke bakpao yang menyebabkan bakpao menjadi keriput. Kukus 8-10 menit, angkat, sajikan hangat lebih lezat.

Selamat mencoba ^^


1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...