Sunday 19 January 2014

Roti Caterpillar Ubi Jalar - Caterpillar Sweet Potato Bread


Roti yang lembut, fluffy, dan super empuk, dipadukan dengan manisnya ubi jalar serta isian sosis yang gurih. Ditambah dengan topping saus sambal dan mayonaise serta taburan keju, oregano, dan daun bawang. Perpaduan yang sempurna. Aroma wangi khas ubi jalar langsung menyeruak dari dapur saya ketika roti ini dipanggang. Sedap! ^_^
Rasanya udah lama banget saya ga bikin roti. Udah lama ga ngulen-nguleni adonan. Ini karena saya skrg jarang punya banyak waktu di pagi hari, jadi pasti masaknya yang cepet-cepet dan praktis aja. Kalo nungguin proofing kedua dulu kan kelamaan ya, biasanya proofing pertama saya tinggal bobo', jadi nguleni malam, paginya baru dibentuk, terus proofing kedua (sekitar 15-20 menit), baru dipanggang. Tapi kemarin rasanya kangen pengen bikin roti, kebetulan dirumah sedang banyak sekali ubi jalar, jadilah bikin roti ubi jalar.



Sebenernya beli ubi jalarnya ga sengaja, beberapa minggu yang lalu pesen ubi ungu ke mas sayur, tapi ternyata dibawain ubi jalar biasanya yang warnanya putih keabuan. Tetep diambil sih, tapi akhirnya dibiarin tergeletak gitu aja selama beberapa minggu di dapur. Karena khawatir keburu rusak ubinya, akhirnya kemarin saya kupas dan kukus semua. Setelah matang langsung saya haluskan dengan garpu dan punggung sendok sayur. Seperti biasa, saya kemas per 200 gr dalam plastik, terus saya masukin freezer. Lega... ^_^

Baca Selengkapnya ... >>



Seperti yang sudah saya sebutkan di beberapa postingan saya yang lalu, saya suka sekali menambahkan umbi-umbian ke dalam adonan roti yang saya buat. Karena selain menambah rasa dan aromanya, penambahan umbi-umbian dalam adonan roti akan membuat tekstur roti super empuk dan dan tetap lembut meskipun sudah dingin. Tapi surprise-nya karena ini kali pertama saya bikin roti dengan campuran ubi jalar (kalau pakai campuran ubi ungu udah sering), wangi dan rasa ubinya jauh lebih menonjol dibanding kalau bikin roti dengan campuran ubi ungu, dengan takaran yang sama pastinya ya. Tapi dilihat dari warna memang setelah dicampur dengan adonan roti ga menghasilkan warna yang mencolok kayak kalau bikin roti ubi ungu, tapi soal rasa, bener-bener deh, yang ini super!

Kemarin saya bikin satu resep, bisa jadi 12 buah roti caterpillar isi sosis. Niatnya pengen bikin buat mas pacar juga, tapi apa daya rotinya langsung habis karena kebetulan ini lagi pada dirumah semua. Apalagi si kunyil sampai habis tiga. Papih saya yang dahar roti ini sorenya pun ga berhenti memuji, malah katanya "Wah, ini bisa nih Mbak diikutsertakan dalam pameran pemberdayaan alternatif bahan makanan." ^_^ Menurut si papih perbandingan ubi dan tepung terigunya udah pas. Cuma kurang satu, kurang banyak! Hehehehehe...


Langsung saja ya ke resepnya...


Roti Caterpillar Ubi Jalar - Caterpillar Sweet Potato Bread
By Duryatin Amal

Bahan:
- 250 gr ubi jalar (berat setelah dikukus dan dihaluskan)
- 200 gr tepung terigu protein sedang
- 150 gr tepung terigu protein tinggi
- 50 gram gula pasir
- 60 gram margarin
- 100 ml air
- 2 sdt ragi instan
- 1/2 sdt bakers bonus A (skip bila tidak ada)
- 2 kuning telur

Bahan lain:
- putih telur untuk bahan olesan
- sosis untuk isian
- daun bawang untuk taburan
- oregano bubuk untuk taburan
- keju parut untuk taburan
- saus sambal dan mayonaise botolan untuk topping kalau suka

Cara Membuat:
- Dalam baskom besar, larutkan ragi instan, bakers bonus A, kuning telur, dan gula pasir dalam air. Masukkan kuning telur dan ubi jalar, aduk rata.


- Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit, aduk rata. Jangan menambahkan sekaligus. Hentikan penambahan bila dirasa sudah cukup. Uleni hingga setengah kalis.


- Masukkan margarin, uleni lagi hingga kalis elastis. Awalnya adonan memang sangat lengket, jangan khawatir, teruskan menguleni sambil sesekali melumuri tangah dengan tepung terigu, jangan langsung memasukkan tambahan tepung ke dalam adonan, tambahkan sesedikit mungkin tepung terigu agar roti tidak keras. Roti yang lembut salah satu faktornya dibuat dari adonan yang mengandung cukup air.


- Diamkan adonan 1,5-2jam atau hingga mengembang minimal 2 kali lipat. Karena saya menguleni adonan malam, adonan saya diamkan 6 jam untuk proofing 1, baru paginya saya kerjakan lagi.
- Kempeskan adonan, uleni lagi sebentar 1-2 menit untuk mengeluarkan gas dalam adonan. Bagi adonan menjadi 12 bagian sama besar. Masing-masing beratnya sekitar 70-80 gram.
- Bulatkan adonan. Selalu lumuri tangan dengan tepung selama mengerjakan dan taburi meja dengan tepung, agar tidak lengket.


- Gilas adonan dengan rolling pin atau pipihkan dengan kedua telapak tangan hingga berbentuk oval (seperti gambar).
- Letakkan sosis di tengah adonan, lalu rekatkan kembali adonan hingga bentuknya seperti gambar.
- Dengan menggunakan pisau yang tajam, potong/kerat (jangan sampai lepas) beberapa bagian. Kemarin saya 10-12 kerat.
- Puntir berselang-seling ke kanan dan ke kiri bergantian hingga nampak seperti gambar.


- Diamkan 15-20 menit atau hingga mengembang 2 kali lipat.
- Olesi permukaannya dengan putih telur. Taburi dengan daun bawang, oregano bubuk, dan keju parut.
- Panggang 10-15 menit dengan api sedang hingga matang dan permukaan kecoklatan.
- Keluarkan dari oven, semprotkan saus dan mayonaise.



Selamat menikmati ^_^

6 komentar:

  1. wahhh ulasannya menarik dan detail suka deh ^_^, ini pertama kalinya saya berkunjung salam kenal :), new followers ke 21, kalo berkenan main ke blogku yaa , boleh d follow juga hihi

    XOXO
    leeviahan.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Makasih mba :)
    Salam kenal mba Letvia, follback done :) Saya malah udah lama jadi silent reader blog-nya mba lho soalnya hobby dandan juga, hehe. Selalu suka sama makeup mba Letvia & review product-nya. Keep blogging ya mba ^^ *hug*

    ReplyDelete
  3. mau tanya mbak, proofing 6 jam nya itu di taruh di susu ruang apa di kulkas?makasih

    ReplyDelete
  4. duh maaf sampe salah tulis, maksud sy di suhu ruang

    ReplyDelete
  5. seneng dng blog ini, isinya resep semua.kalau mau masak tinggal buka langsung eksekusi.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...