Tuesday, 4 March 2014

Tongseng Ayam



Potongan ayam dengan daging yang empuk, dipadukan bersama kuah kental dengan bumbu yang melimpah dan kaya rasa. Sajikan bersama nasi panas, siapa yang bisa menolak? ^_^

Siapa yang ga kenal Tongseng? Makanan yang konon katanya berasal dari Solo ini selalu saja berhasil menggunggah selera saya. Kalau biasanya daging yang diolah menjadi tongseng adalah daging kambing, kali ini saya bikin dengan daging ayam. Yang pasti rasanya tetap nendang.


Kebetulan hari ini saya pengen masak yang simpel-simpel saja, karena dari Jumat kemarin sampai Minggu ada acara di luar kota, jadi Senin masak seadanya memanfaatkan stock yang ada di kulkas. Kebetulan di freezer ada dada ayam yang sudah dipotong kecil-kecil yang dulu rencananya pengen dibikin rica ayam. Tapi karena Mas Pacar bilang pengen makan tongseng, akhirnya saya masak tongseng. Paginya saya thawning, tinggal ke kampus dulu, baru siang menjelang sore saya olah jadi tongseng ayam. Rasanya? Mas Pacar yang pulang kantor mampir makan aja sampai nambah 2 piring. Kalau ini lagi kelaperan kayaknya... ^^

Baca Selengkapnya ... >>




Bahan-bahan yang saya pakai kali ini sangat simpel, cocok banget buat saya yang ga pengen ribet-ribet, hehehe. Kalau kebetulan pengen makan tongseng tapi waktunya mepet, resep dari NCC ini selalu jadi penyelamat saya. Makanya ga bosen pakai resep ini, meskipun udah pernah nyoba beberapa resep tongseng lainnya :)

Tidak ada yang sulit dalam pembuatan tongseng ayam ini. Ayam yang dipakai pun bisa bagian apapun. Bisa pakai dadai atau paha atas/bawah. Yang penting pastikan ayam dipotong kecil-kecil biar bumbunya bisa meresap sampai ke dalam dan rasanya lebih mantep :)



Berikut resepnya ya, saya pakai 1/4 resep, bisa untuk 2-3 porsi.


Tongseng Ayam
Sumber: NCC

 

Bahan:
- 250 gram ayam (bisa pakai bagian apa saja), potong kecil-kecil.
- 1 sdm minyak untuk menumis

 

Bumbu halus:
- 1 sdt ketumbar bubuk
- 3 siung bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 1/4 sdt jintan
- 1/4 sdt bubuk kari
- 1/8 sdt pala
- 1/4 sdt garam

 

Bumbu lain:
- 2 lembar daun jeruk
- 1 lembar saun salam
- 1 batang serai, memarkan
- 300 ml santan cair
- 2 sdm kecap manis
- 4 lembar daun kol, potong-potong
- 1 buah tomat, belah 4

 

Cara Membuat:
- Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga wangi, masukkan ayam. Masak hingga ayam berubah warna.

- Masukkan santan cair, daun jeruk, salam, serai, aduk rata. Masak hingga mendidih dan daging empuk.

- Menjelang diangkat, masukkan kol yang sudah dipotong kasar dan tomat, tutup wajan sebentar, angkat.

7 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...