Tuesday, 11 March 2014

Nugget Pisang Praktis

Pisang yang dihaluskan, dicampur dengan telur, gula, dan tepung terigu, lalu dibalut dengan tepung panir, kemudian digoreng. Pisang goreng biasa, dengan rasa dan tampilan yang lebih istimewa. Renyah di luar, tapi begitu digigit dalamnya lembut dan pisang banget! (Ya iyalah, namanya juga pisang goreng) ^_^

Assallamu'alaikum...
Belakangan ini saya jarang sekali update blog, tidak sesering dulu. Soalnya sekarang saya jarang lama-lama di dapur. Kalaupun masak, biasanya pakai resep lama yang sebelumnya sudah pernah saya posting di blog, atau resep-resep sederhana yang saya yakin sudah banyak yang bisa, hehe ^^
  


Kebetulan kemarin di dapur ada pisang kepok kuning yang sudah matang sekali. Kulitnya sudah agak berbintik-bintik hitam, tapi dalamnya masih mulus. Biasanya kalau kondisinya seperti ini, kurang laku ya kalau dimakan langsung. Mau dibikin cake kok ya agak males ngeluarin oven sama nyiapin loyang. Akhirnya saya bikin nugget pisang aja.


Resep nugget pisangnya saya pakai resepnya Mba Citra UmmuFatima-mysimplykitchen (Makasih ya Mba resepnya, bakal sering bikin ini ^_^). Dulu pas pertama liat postingan Mba Citra sebenernya udah kemecer pengen bikin, tapi belum ada pisangnya. Kalaupun ada, belum sampai mateng bener udah habis duluan. Jadi kemarin mumpung ada pisangnya, langsung eksekusi bikin nugget pisang.



Hasilnya, laris! Langsung ludes gitu begitu mateng. Malahan pas masih nggoreng batch 2, udah ditungguin krucils yang kebetulan lagi maen kerumah. Alhamdulillah, ga mubadzir pisangnya, semua suka ^_^

Bikin nugget pisang ini sebenernya ga susah ya, simpel saja. Pisang dihaluskan, dicampur dengan tepung, telur, dan gula, lalu digulingkan dalam tepur panir, baru digoreng. Tapi bagian paling menurut saya ada disaat menggulingkan adonan ke panir, karena adonan lengket sekali. Jadi kemarin adonan saya tambahi dengan 1-2 sdm tepung terigu, lalu saya masukin kulkas dulu seperti saran dari Mba Citra. 15 menit kemudian baru dikeluarkan, gulingkan ke tepung panir, lalu goreng. Apinya jangan terlalu besar ya, karena panir mudah sekali gosong.

Berikut resepnya...

Nugget Pisang Praktis

Bahan:
- 200gr pisang yg sdh dikupas, lumatkan
- 50 gr gula pasir, kalau kurang manis bisa ditambah
- 125 gr tepung terigu
- 25 gr tepung panko/panir
- 1 butir telur
- sejumput garam

Bahan pelapis:
Tepung roti kasar/ panko/panir kasar/breadcrumbs, secukupnya

Cara Membuat :
- Campur semua bahan jadi satu. Aduk dan uleni hingga tercampur rata. Adonan sifatnya lembek.


- Ambil sesendok adonan, gulingkan di tepung roti hingga terlapisi merata. Kemudian pipihkan dan rapikan bentuk/bulatannya. Tata/letakkan di piring datar. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.


- Panaskan minyak di wajan. Goreng nugget dengan api kecil hingga matang keemasan kedua sisinya ^^

Selamat mencoba ^_^

14 komentar:

  1. Resepnya sangat menginspirasi mb,kebetulan punya pisang raja yg udah kematengan nanti insy dicoba buat cemilan anak2..oia baru ini saya main ke blog mb, salam kenal ya mb..Erni "Mama Andayana"

    ReplyDelete
  2. Terimakasih komennya mba Erni. Selamat mencoba, semoga anak-anak suka ya. Terimakasih sudah mampir :)

    ReplyDelete
  3. mbak Erni thanks ya utk resep pisang nuggetx...sering2 ja mbak ya buat resep yg simple..sederhana tp mankyusss...pokokx nnt sy coba deh resep pisang nuggetx...




    ReplyDelete
  4. wah ternyata memang benar Manfaat Pisang sangat banyaksekali, termasuk dijadikan santapan yang lezat seperti ini.

    ReplyDelete
  5. ini ga dikukus dulu seperti bikin nugget ayam gitu ya, mbak? kalo seandainya dikukus dulu, apakah jadi berbeda ya rasanya?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...